PENGEMBANGAN KURIKULUM MENGHADAPI TUNTUTAN KOMPETENSI ABAD KE 21 DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.895Keywords:
Kurikulum, Pembangunan, Abad 21Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kurikulum dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21 di Indonesia, pada dasarnya kurikulum bertujuan untuk mengatur kemajuan pembelajaran. Perkembangan kurikulum selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman, ditandai dengan perkembangan teknologi. Itulah penunjang dalam proses belajar mengajar. Perkembangan kurikulum selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman, ditandai dengan perkembangan teknologi. Itulah penunjang dalam proses belajar mengajar. Permasalahan terkait pengembangan kurikulum dalam menghadapi kompetensi abad 21 di Indonesia adalah: Perkembangan kurikulum di era global, peran guru abad 21 dan tuntutan kompetensi dalam pengembangan kurikulum. Fokus penelitian ini adalah pengembangan kurikulum untuk menghadapi tuntutan kompetensi abad 21 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pustaka (review research) dan studi analisis untuk membangun tatanan teoritis atas materi ini. Setelah menyelesaikan penelitian ini, diketahui bahwa kurikulum yang diberikan kepada siswa diharapkan dapat menjadi bekal bagi kehidupan masyarakat dan bukan untuk kepentingan individu, dan guru diharapkan mampu melakukan segala sesuatu yang dapat mengoptimalkan pembelajaran siswa. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa paradigma mengajar yang menjadi paradigma pembelajaran merupakan tuntutan kompetensi dalam pengembangan kurikulum khususnya pada abad 21.References
Afandi, Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital age literacy dalam pendidikan abad 21 di indonesia. Snps, 116.
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULAPRESS.
Andriyani, dwi esti. (2010). Pengembangn Personlitas Guru Abad 21 Melalui Prgram Bimbingan yang Efektif. Manageman Pendidikan, 6(2), 14.
Arifin, S. (2010). Implementasi Undang-Undang No. 14 tahun 2005 dalam meningkatkan kualifikasi Akademik Guru SD Melalui Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Wilayah Kabupaten Belitung. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 11(1), 36.
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Madrasah. Pendidikan Pedagogik, 1(1), 36.
Fitri Oviyanti. (2013). Tantangan Perkembangan Pendidikan Keguruan di Era Globalisasi. Pendidikan Islam, 7(2), 281–282.
Hidayat, S. (2013). perkembangan kurikumulm baru. bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Husnan, M. (2004). Pendekatan Saintifik dan kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. bogor: galia indonesia.
Juliantine, T. (2009). Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuri Dalam Pendidikan Jasmani, 4.
Kadeni. (2014). Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran. EQUILIBRIUM, 2.
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 173.
Mulyasa, M. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan; Pengembangan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar. bandung: remaja rosdakarya.
Prasojo, lantip dian, & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. yogyakarta: Gava Media.
Presetyawati, P. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Pendekatan Mata PElajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri Se Kota Palu. Katalogis, 4(10), 131.
Putra, N. (2015). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Negeri 4 Payaraman. Al-Fikrah, 3(2), 207.
Siti Zubaidah. (2018). keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Universitas Negri Malang, 3.
Soewajdi, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana MEdia.
Sugiarti, L., & Dkk. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD, Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Pendidikan.
Suharto, A. (2016). Senarai KEarifan Gontory (kata bijak para perintis dan masyayikh gontor). Yogyakarta: Namela Grafika.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim, 18, 28.
Suryanto. (2006). Persoalan Imlementasi Kurikulum. jakarta: kompas.
Susilo, A., & Sarkowi. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi,. Pendidikan Dan Peneliti Sejarah, 11(1), 47.
Syukmadinata, N. S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wijaya, E., & Dkk. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntuan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. jakarta: Yayasan Obor Indonesia.