PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MIS DARUL ULUM KECAMATAN TOILI
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.263Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keterangan tentang bagaimana kinerja kepemimpinan kepala sekolah di MIS Darul Ulum Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, serta sebagai bahan penelitian tentang kepemimpinan Kepala Sekolah untuk menunjang mutu pendidikan sangat ditentukan oleh apakah guru-guru mempunyai sikap positif terhadap tugasnya.
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Darul Ulum Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, dengan waktu penelitian pada September - November 2018. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan yaitu (1) Penelitian Pustaka (Librari Research), penulis mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, buku literatur karangan ilmiah pendidikan dan buku-buku yang ada kaitanya erat dengan penelitian ini, (2) Penelitian lapangan (Field Reseach), yaitu penulis dengan mengumpulkan data dengan tehnik wawancara (Interview) dengan para pihak yang berkepentingan yaitu kepala sekolah, para dewan guru, tata usaha yang ada di MIS Darul Ulum Kecamatan Toili Kabupaten Banggai.
Di lingkungan lembaga pendidikan, peran visi dalam menggerakkan institusi ke depan tidak dapat dihindari. Di sinilah esensi bahwa kinerja kepala sekolah tidak cukup mengandalkan gaya transformasional, melainkan berpandangan jauh ke depan, dengan tidak melepaskan kekuatan-kekuatan apa yang terkandung di dalam visi kepemimpinan kepala sekolah. Kultur sekolah yang positif diasosiasikan dengan motivasi dan prestasi siswa yang tinggi, meningkatkan kolaborasi antara guru, dan mengubah sikap guru terhadap pekerjaannya kedepan menjadi positif. Praktis pembelajaran diruang belajar, apakah atraktif atau monoton, menyenangkan atau membosankan dan sebagainya
Kata kunci : Kepemimpinan, Kinerja Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Pendidikan.
References
Aimang, H. A. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kilongan Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Ilmiah Mutiarah Muhammadiyah, 2(JANUARI), 102–110. Retrieved from https://osf.io/grs8u
Ahmad, Rohani. 1996. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi di Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara
Agus, Sujanto, 1988. Psikologi Perkembangan. Cet. I. Surabaya : Aksara baru
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara
Ary H. Gunawan. 1996. Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Cet. I Jakarta : Bumi Aksara
Daryanto. H.M. 2001. Administrasi Pendidikan, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta
Gunarsa, Singgih D. 1991. Psikologi Anak Remaja dan Keluarga. Cet. II BPK Gunung Mulia : Jakarta
Hariwung, A. J. 1989. Administrasi Pendidikan, Jakarta : P2LPTKJ Dirjen Dekdikbud
Handari Nawawi. 1989. Administrasi Pendidikan, Jakarta : Gunung Agung
Kartono . Kartini 1992. Psikologi Anak, Bandung : Indah Jaya.
Lawalata, P. M. 1986, Psikologi Pendidikan, Jakarta : CV. Rajawali
Margono. S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Ket. III Jakarta. Rineka Cipta
Mercado. M. Cesar. 1971. Langkah-langkah Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta : FISIP 11 Maret
Moeliyono. Anton M. 1995. kamus besar bahasa Indonesia. Cet III. Jakarta. Balai Pustaka
Muhibin Syah. 2003. Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasya. E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ridwan, M. B. A. 2002. Skala Pengukuran fariabel-fariabel Penelitian. Cet. II. Bandung : CV. Alvabeta
Sudarwan danim. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajar, kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Akasara.
Sugiono. 1998. Metode Penelitian Administrasi. Cet. III Bandung. Alfabeta
Sukardi Dewa ketut. 2000. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Cet I. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Suryo Sobroto. B. 2004. Manjemen pendidikan di Sekolah. Jakarta . Rineka Cipta
Wayan Nurkancana. 1993. Evaluasi Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional