DAMPAK COVIC-19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.2142Keywords:
Covid-19, Minat, BelajarAbstract
Coronavirus adalah virus menular yang menginfeksi sistem pernafasan melalui percikan dahak dari saluran pernafasan. Minat belajar yaitu suatu keinginan belajar yang timbul dari dalam diri seorang siswa melakukan sesuatu secara bersungguh-sungguh. Adapun Tujuan  penelitian untuk melihat dampak-dampak Covid-19 yang semakin berkembang, baik itu dampak positif maupun dampak negatif terhadap minat belajar siswa. Metodologi dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data berdasarkan tekhnik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak Covid-19 terhadap minat belajar siswa di MTs Midarul Ulum DDI Kilongan, dari hasil penelitian peneliti mendapatkan dua dampak Covid-19 terhadap minat belajar siswa yaitu dampak positif dan dampak negatif yang mana dampak-dampak tersebut mempengaruhi minat belajar seorang siswa khususnya siswa di MTs Midarul Ulum DDI Kilongan seperti kurangnya sarana dan prasarana yang berupa akses internet dan kurangnya perhatian orang tua dalam pembelajaran online seperti ini sehingga terjadi kurangnya minat siswa dalam proses belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa covid-19 telah meruba pergeseran kondisi belajarReferences
Alifatunnisa, W. A. (2021). Permasalahan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Https://Bdkbandung.Kemenag.Go.Id/Berita/Permasalahan-Pada-Pembelajaran-Daring-Di-Masa-Pandemi-Covid-19.
Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2).
Fahradina, N., & Rahmatina, S. (2022). Perbandingan Antara Pembelajaran Tatap Muka Dengan Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Dimas: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1).
Halidi, R. (2020). Pandemi virus corona penyebab sakit Covid-19 masih menghantui warga dunia termasuk Indonesia. Https://Www.Suara.Com/Health/2020/04/13/183832/Ahli-Virus-Sebut-Covid-19-Adalah-Virus-Umum-Tetapi?Page=1.
Inggriyani, F. (2021). Penggunaan Gadget Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 329–337. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.231
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. The Electronic Journal of E-Learning (EJEL), 5(3).
Sari, I. A., Atmojo, I., & Saputri, D. Y. (2021). Analisis kebutuhan bagi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1).
Sekretariat GTK. (2020). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Kebijakan-Kemendikbud-Di-Masa-Pandemi.
Shaleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi : Suatu Pengantar. Prenada Media.
Suharwoto, G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/Read/News/261667/Pembelajaran-Online-Di-Tengah-Pandemi-Covid19-Tantangan-Yang-Mendewasakan.
Suhendra, S., Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568
Yunita, Husna. S. M. (2021). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2).