PENDIDIKAN ISLAM MUSLIM MINORITAS: KASUS AMERIKA SERIKAT
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.2110Keywords:
Pendidikan Islam, Muslim Minoritas, Amerika SerikatAbstract
Memperbincangkan negara Amerika Serikat (United States of America) selalu saja menarik dari banyak sisinya, termasuk tentang pendidikan Islam Muslim minoritas di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari karakater negaranya yang multi etnik-rasial, dan multi agama dan kepercayaan, atau populer dengan ungkapan the nation with the soul of a Church. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertumbuhan masyarakat Muslim minoritas dan pola-pola pendidikan agama bagi Muslim minoritas di Amerika Serikat. Temuan penelitian dihasilkan melalui studi kepustakaan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan populasi Muslim di Amerika Serikat relatif cepat. Jika saat ini masih berkisar 4-7 juta jiwa, maka diperkirakan tahun 2050 akan melewati 8,1 juta jiwa. Pola-pola pendidikan agama bagi Muslim minoritas dilakukan melalui sekolah swasta berbasis agama (Islam), informal homeschooling, perguruan tinggi (universitas dan college), masjid (islamic center), dan organisasi Islam. Di antara isu kompleksitas tantangan pendidikan Islam di Amerika adalah model pendidikan Islam yang eksklusif dan konservatif berbarengan dengan adanya prospek Program pendidikan Inter-faith communities.References
A. Muri, Y. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media Kencana.
Burmberg, D. (2009). Conflict, Identity, and Reform, in the Muslim World: Challenges for U.S. Engagement. United States Institute of Peace.
Considine, C. (2019). Islam in America: Exploring the Issues. ABC-CLIO.
Haddad, Y. Y., Senzai, F., & Semith, J. I. (2009). Educating the Muslims of Amaerica. Oxford University Press.
Hardaker, G. and A. A. S. (2019). Pedagogy in Islamic Education: The Madrasah Context. Emerald Publishing.
Hashemi, N. (2011). Islam, Sekularisme, dan Demokrasi Liberal: Menuju Teori Demokrasi Dalam Masyarakat Muslim. Gramedia Pustaka Utama.
Islamy, N. A. (2020). Welcomeback HomeSchooling: Panduan Dasar Pendidikan Rumah Menuju Manusia Unggul & Beradab di Era Revolusi Industri 4.0. IPB Press.
Khan, M. A. M. (2015). Political Muslims in America: From Islamism to Exceptionalism. Middle East Policy, 22(1), 32–40. https://doi.org/10.1111/mepo.12110
Khoiriyah, N., Kholis, N., & Nisak, N. M. (2022). Pelajaran Agama Pada Tingkat Primary School (Studi Komparatif Indonesia Dan Amerika). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 10(01), 87–100. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4828%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/download/4828/3413
Martinez, P. (2009). Muslim Homeschooling. Oxford University Press.
Nimer, M. (2013). The North American Muslim Resource Guide: Muslim Community Life in the United States and Canada. Routledge.
Smith, J. I. (2005). Islam Di Amerika, terj. Siti Zuraida. Yayasan Obor Indonesia.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). `Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.
Tobroni. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam, Dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Prenada Media.
Umar, N. (2020). Geliat Islam Di Amerika Serikat. Amzah.
Yanuarti, E., Purnama, D., & Hs, S. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural ( Indonesia , A . Pendahuluan Pendidikan di era globalisasi seperti sekarang ini memanglah sangat kompleks dan heterogen , ditambah dengan lahirnya berbagai lembaga pendidikan yang kurang memperhatikan nilai-. Jurnal IAIN BENGKULU, 19(1), 46–65.