IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i2.1545Keywords:
Kata Kunci, Implementasi, Google Classroom, Pembelajaran PAI.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penggunaan google classroom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di masa pandemi covid-19 di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di masa pandemi covid-19 di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka strategi penggunaan google classroom dalam pembelajaran PAI berjalan dengan baik. Persiapan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran dapat dilakukan sebagaimana mestinya, informasi materi yang disampaikan kepada siswa juga dapat tersampaikan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK N 1 Tengaran diantaranya yaitu signal yang tidak mendukung, kuota yang tidak mencukupi, handphone rusak, lupa password, siswa ada yang bekerja, siswa mengumpulkan tugas di luar deadline dan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Solusi yang dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK N 1 Tengaran diantaranya yaitu siswa bisa datang ke sekolah dengan tetap menggunakan protokol kesehatan, disosialisasikan via google classroom, guru memberikan perpanjangan deadline, guru menyampaikan ke wali kelas untuk mengingatkan kembali kepada siswa, solusi terakhir yang dilakukan yaitu guru melakukan home visit.References
Ahmad Rohani. (2004). Pengelolaan Pengajaran. PT. Rineka Cipta.
Dimyati. (2012). Belajar & Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. 18.
Jalal, F. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Adi Cita Karya Nusa.
M.Joko Susilo. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Mudjiono, D. &. (2015). Belajar & Pembelajaran. Rineka Cipta.
Munif, Chanif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.
Oemar, H. (2002). Pendidikan Guru Konsep dan Strategi. Mandar Maju.
Robinson, A. (2002). Effective problem solving steps for business and life in genera.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Membangun Profesionalitas Guru. PT. Raja Grafindo.
Sondang, S. P. (2004). Managemen Strategi. Bumi Aksara.
Sutarjo Adisusilo, J. . (2012). Pembelajaran Nilai-Karekter,. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Tim Penyusun. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Undang-undang RI No.20. (2003). Sisdiknas.