PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAERAH TERTINGGAL SE KECAMATAN BUKO SELATAN
Abstrak
Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan daerah tertingal di Kecamatan Buko Selatan  dalam meningkatkan pendidikan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan  . Metodologi dalam penulisan ini menggunakan penelitian kualitatif. dengan  Jenis Penelitian Studikasus  teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, . Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan daerah tertinggal sudah berjalan dengan baik  pemahaman pendidikan  berhubungan erat dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pelaksana pendidikan. Proses pembelajaran akan mampu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa dan  akan berhasil meningkatkan  kualitas pendidikan daerah tertinggal, apabila terdapat sinergi antara pelaku kegiatan pendidikan  dengan pemerintah daerah. Dalam artian para anggota diberikan kesempatan untuk berpendapat, berfikir dan mengambil kesimpulan secara alternatif atas dasar kajian dan pengetahuan yang mereka miliki. Sejauh ini, peningkatan pendidikan di daerah tertinggal  yang dilakukan dan diprakarsai oleh pemerintah  belum cukup memuaskan. Akibatnya, pemahaman pendidikan di daerah tertinggal  belum berkembang secara optimal. Pemerintah serta pihak sekolah  sebagai tulang punggung diharapkan untuk selalu berupaya meningkatkan perannya, sehingga mampu mengoptimalkan peningkatan pendidikan bagi anggota dan masyarakat secara umum di masa-masa mendatang.
Kata kunci: Pengelolaan Pendidikan Daerah TertinggalReferensi
Akdon 2011 strategi Management For Educational Management penerbit alfabeta.
Basrowi dan Suwandi; 2008. Memahami Pebelitian Kualitatif penerbit Rineka Cipta.
Engkoswara dan Komariah Aan 2010 Administrasi pendidikan penerbit Alfabeta.
Fatta Nanang 2012 Analisis Kebijakan pendidikan penerbit PT Remaja Rosdakarya bandung
Hasibuan Melayu 2012 Manajemen Sunber daya manusia edisi revisi penerbit bumi aksara
Malik Herman 2013 fajar kebangkitan pendidikan daerah tertinggal penerbit LP3ES
Mardikanto Totok dan Soebiato 2013 Poerwoko pemberdayaan masyarakat dalam prespektif kebijakan publik Penerbit Alfabeta.
Rohiat 2012 Manajemen sekolah teori dasar dan paraktik penerbit PT refika Aditama
Saud syaefudin dan Makmun Syamsuddin 2009 Perencanaan Pendidikan suatu pendekatan Komprehensif penerbit PT Remaja Rosdakarya bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.