PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA MONTOLUTUSAN (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Sekecamatan Buko Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan)
Abstrak
Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan berbasis Budaya Montolutusan di sekolah SMP sekecamatan Buko selatan  dalam meningkatkan pendidikan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan. Metodologi dalam penulisan ini menggunakan penelitian kualitatif. dengan  Jenis Penelitian Studikasus  teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan berbasis budaya montolutusan sudah berjalan dengan baik dan berhubungan erat dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pelaksana pendidikan dan masyarakat. Proses pembelajaran akan mampu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa dan  akan berhasil meningkatkan  kualitas pendidikan itu sendiri. Dalam artian bahwa masyarakat  anggota diberikan kesempatan untuk berpendapat melalui budaya montolutusan yang ada,masyarakat secara khusus dapat berperan penting dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program  melalui budaya Montolutusan yang ada secara khusus di sekolah menengah pertama sekecamatan buko selatanKata kunci: Pengelolaan Pendidikan Berbasis Budaya MontolutusanÂReferensi
Akdon 2011 strategi Management For Educational Management penerbit alfabeta.
Basrowi dan Suwandi; 2008. Memahami Pebelitian Kualitatif penerbit Rineka Cipta.
Engkoswara dan Komariah Aan 2010 Administrasi pendidikan penerbit Alfabeta.
Fatta Nanang 2012Analisis Kebijakan pendidikan penerbit PT Remaja Rosdakarya bandung
Hasibuan Melayu 2012 Manajemen Sunber daya manusia edisi revisi penerbit bumi aksara
Mardikanto Totok dan Soebiato 2013 Poerwoko pemberdayaan masyarakat dalam prespektif kebijakan publik Penerbit Alfabeta.
Rohiat 2012 Manajemen sekolah teori dasar dan paraktik penerbit PT refika Aditama
Saud syaefudin dan Makmun Syamsuddin 2009 Perencanaan Pendidikan suatu pendekatan Komprehensif penerbit PT Remaja Rosdakarya bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Uno Hamza dan Lamatenggo :2013 Landasan Pendidikan Sebuah Pemikiran Komprehensif Landasan Pendidikan berbasis Karakter di Indonesia. Penerbit ideas Publishing.
Sulsman dan Gumilar 2013 Teori kebudayaan dari teori hingga aplikasi penerbit pustaka setia.