IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Kata Kunci:
Manajemen Kurikulum, Kompetensi Siswa, BiologiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan  Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Ogan Komering Ulu). Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Biologi dan siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi manajemen kurikulum dalam mengembangkan kompetensi siswa pada mata pelajaran biologi, dengan tahap: 1) perencanaan yang melibatkan tim pengembang kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, wakil-wakil kepala sekolah, guru, komite sekolah dan tenaga ahli dari dewan pakar. 2) Pengorganisasian dan pengkoordinasian kurikuklum; 3) pelaksanaan kurikulum dan 4) Evaluasi kurikulum, yang dilakukan dengan memeriksa dokumen kurikulum, wawancara, dan supervisi kelas oleh Kepala sekolah dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dengan panduan instrumen penelitian.
Referensi
Fadillah, Mardianto, & Nasultion, W. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum dDlam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Jurnal At-Tazakki, 2(1).
Herdani, T., Sartono, N., & Evriyani, D. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta). Biosfer, 8(1).
Ikhsan, S., & Anisykurlillah, I. (2010). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah SMK Negeri Dan SMK Swasta Se-Karasidenan Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(1), 1–19.
Kurniawan, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2),
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam V, 7(1), 99–112.
Muhirah. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Jurnal Idaarah, I(2).
Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, I(2).
Pebriantika, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal BAJET (Baturaja Journal of Educational Technology), 2(2).
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Hakikat Kurikulum. In Kurikulum dan bahan belajar TK (PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka.