KORELASI PENGETAHUAN MATERI VIRUS DENGAN PERILAKU SISWA SMA MENCEGAH PENULARAN VIRUS CORONA DI KABUPATEN BANGGAI

Penulis

  • MOH. FAHRI HARUNA
  • NURLIA NURLIA Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai
  • SRI ASTUTI Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Kata Kunci:

Pengetahuan, Perilaku, Virus Corona

Abstrak

Memahami dan menjelaskan perilaku seseorang terhadap suatu materi dapat menggunakan pendekatan teori psikologi  tentang hubungan antara pengetahuan,  sikap  dan  perilaku.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang materi virus dengan perilaku siswa SMA dalam mencegah penuaran virus Corona di Kabupaten Banggai.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 106 siswa SMA kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrument yang di berikan secara online. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar pengetahuan siswa tentang materi virus (X) dengan perilaku siswa dalam mencegah penularan virus Corona (Y). Kesimpulannya bahwa  terdapat  hubungan  positif antara pengetahuan siswa tentang materi virus dengan  perilaku  siswa  SMA dalam  mencegah penuaran virus Corona di Kabupaten Banggai. Hubungan antara kedua variabel tersebut berada pada kategori Rendah.

Referensi

Aji S.RH. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia; Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran . Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, Vol.7 (5): 395-420, ISSN: 2356-1459. E-ISSN: 2654-9050.

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzian RA., Rahmi FL, & Nugroho T. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Memeriksakan Diri Ke Pelayanan Kesehatan; Penelitian pada Pasien Glaukoma Di Rumah Sakit Dr. Kariadi. Jurnal Kedokteran Diponegoro, Vol.5 (4): 1634- 1641, ISSN: 2540-8844.

Gusti A., Afandi D, Isyandi B & Bahri S, A. 2015. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Berkelanjutan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Dinamika Lingkungan Indonesia. Vol. (2): 100-107, ISSN 2356-2226.

Haruna FM., Utina R & Lama L. 2018. Hubungan Pengetahuan pada Materi Ekosistem Mangrove dan Persepsi SiswaTentang Pelestarian Mangrove dengan Perilaku Siswa Menjaga Ekosistem Mangrove Di Kawasan Kepulauan Togean. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Vol. 3 (1): 54-61.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Notoatmodjo, S. 2014. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurlia dan Sulasmi Anggo (2020). Hubungan Kecerdasan Naturalistik dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kota Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol. 4. No. 2. p-ISSN : 2579-5082. e-ISSN : 2598-2818.

Poety,M., Wiyono J & Adi Ragil Catur W. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Membuang Sampah pada Siswa SMP Sriwedari Malang. Nursing News. Vol.2 (1): 37-52.

Sulastri K., Purna IR, & Suyasa I.NG. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Anak Sekolah tentang Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Salemadeg Timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol. 4 (1): 99-106.

Yunus, NR & Rezki A. 2020. Kebijakan Pemberakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I,Vol.7(3):227238, ISSN: 2356-1459. E-ISSN: 2654-9050.

Diterbitkan

2021-04-15

Terbitan

Bagian

Articles