MODEL PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS WIRAUSAHA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRI

Penulis

  • NIMIM ALI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK

Kata Kunci:

Model, Implikasi, Santri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui bagaimana model dan implementasi program pendidikan Pesantren berbasis wirausaha di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Randangan Gorontalo.

Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Partisipasi Action Resarc (PAR).Metode pengumpulan data dalam penelitian ini pula dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi program pendidikan Pesantren berbasis wirausaha di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah meliputi keterampilan dibidang pertanian, peternakan, pertukangan (mebel), perkebunan dan konfeksi. Dalam pelaksanaannya, para santri mempraktekan secara langsung di lapangan.Sedangkan lahan dan segala fasilitas untuk mengasah dan melatih keterampilan tersebut telah disediakan oleh Pondok Pesantren.Model pendidikan Pesantren berbasis wirausaha yang diterapkan di Pesantren Salafiyah Syafi’iyah yaitu: pertama, model integratif. Dalam model ini, Pesantren mengintegrasikan antara sistem pendidikan tradisional (klasikal) dengan pendidikan umum melalui metode pembelajaran modern.Kedua, model produktif. Dapat disimpulkan bahwapenguasaan tekhnologi yang dibutuhkan Pondok Pesantren memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif serta keterampilan (skill) dalam berwirausaha akan sangat diperlukan demi mencapai suatu tujuan serta penanaman spirit dan jiwa wirausaha bagi para peserta didiknya.

Referensi

Agustino, Leo. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. (Bandung: Alfabeta, 2008).

Ali, Suryadharma. Paradigma Pesantren Memperluas Horizon Kajian dan Aksi. (Malang: UIN Maliki Press, 2013).

Ahmad Faozan, Pondok Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi. Jurnal Ibda’, Vol. 4, No 1 Tahun 2006. h. 12

Alma, Buchari.Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. (Bandung: Alfabeta, 2008)

Amalia, Rizki Brida.Implementasi Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Praktek Prakarya di SMK PGRI 3 Malang, Skripsi.( UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: t.tp, 2016). h. 58

Chusnul Chotimah, Pendidikan Kewirausahaandi Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 8, Nomor. 1, Juni 2013

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mahmud Ali Zein, Model-Model Perkembangan Pondok Pesantren: Pengalaman Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. dalam A. Halim, et. al. (ed), Manajemen Pesantren. (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005). h. 305-307

Kasmir, Kewirausahaan-Edisi Revisi, Cet. Ke-7. (Jakarta: RajaGrafindo).

Suhartini, Problem Kelembagaan Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren, dalam A. Halim et. al. Manajemen Pesantren. (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005).

Thoha, Habib. Kapita Selekta Pendidikan Islam.(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).

Usman, Husaini dan Nuryadin Eko Raharjo, Model Pendidikan Karakter Entrepreneuship di Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Teknologi dan kejuruan, Vol. 21 Nomor 2, Oktober 2012

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren Pendidikan Alternatif Masa Depan. (Jakarta: Gema Insani Press, 1997).

Departemen Koperasi dengan Nomor:38/BH/KWK.18/X/1996 (bulan Oktober 1996)

Diterbitkan

2020-10-20

Terbitan

Bagian

Articles