HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN ORIENTASI MASA DEPAN BIDANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS XI DI PALEMBANG
Kata Kunci:
Self esteem, Orientasi Masa Depan Bidang PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan orientasi masa depan bidang pendidikan pada siswa kelas XI di SMA. Egeri 11 Palembang. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah orientasi masa depan bidang pendidikan, sementara self esteem sebagai variabel bebas. Penelitian ini menggunakan skala orientasi masa depan bidang pendidikan dan skala self esteem serta dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 142 siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan anatara self esteem dengan orientasi masa depan bidang pendidikan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Palembang dengan nilai r = 0,572, R Square = 0,328, dan p = 0,000 dimana hasil signifikansi (p) = 0,000 yang berarti nilai p < 0,01Referensi
Aisyah, S. 2015. Hubungan Self esteem dengan Orientasi Masa Depan Pada Siswa SMA Kelas XI di SMA Negeri 3 Malang. (skripsi, tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Ahmadi, A, dkk. 2013. Kurd Students Future Education Orientation Association with Self esteem and Ethnic Identity. Life Science Journal.
Azwar, Saifuddin. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., Vosh, K. D. 2003. Does high self esteem cause better performance, interpersonal success, happiness, or healthier lifestyle?. Psychological Science in the Public Interest.
Chak, H.Y. 2007. Relationship Of Perceive Instrumentality, Future Time Orientation Adn Student`S Motivation To Lean. Hong Kong : City University.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.
Desmita. (2015). Psikologi perkembangan. Bandung : Rosda Karya.
Fauziah, N, Sri Hartati, Timorora Shanda. P. 2012. Hubungan Antara Self esteem dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mutia Semarang. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, Vol. 1, No. 1. Hal 47-82.
Gufron, M. & Risnawita S. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Aruzz Media.
Hurlock, E.B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Laili, N. H. 2014. Hubungan Antara Self esteem Dengan Resiliensi Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Murk, C.J. (2006). Self-Esteem Research, Theory, and Practice. New York: Springer Publishing Company, Inc.
Nurmi, J. E. 2004. Age, Sex, Social Class, and Quality of Family Interaction as Determinants of Adolescent’s Future Orientation: A Developmental Task Interpretation. Adolescence, Vol. XII No. 88, Libra Publishers Inc.
Nurmi ,J. E. (2004). Socialization and self development : Channeling, selection, adjustment, and reflection. In R.Lerner & L.Steinberg (Eds). Handbook of adolescent psychology. Hobokrn, NJ: Wiley.
Öner, B. 2000. Future Time Orientation And Relationships With The Opposite Sex. The Journal Of Psychology, 134(3), 306-314. ABI/INFORM Global.
Santrock, J. W (2011). Life-span Development. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugeng, A.W. 2013. Harga Diri Dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.2, No.2, Hal 131-138. Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya.
Seginer, Rachel. (2009). Future Orientation: Developmental and Ecological Perspectives. Springer.
Tambunan, N.R. (2007). Remaja Mandiri. Jakarta : Arcan.
Wijaya, Saddam. 2013. Monitoring Penjelajah Waktu Untuk Mempersiapkan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan. Jurnal psikologi Universitas pendidikan indonesia.