PENGEMBANGAN AKTIFITAS GERAK LOKOMOTOR BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH SE KECAMATAN GABEK PANGKALPINANG
Kata Kunci:
Pengembangan, Gerak Lokomotor, Anak SD Kelas AtasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model aktivitas gerak lokomotor berbasis media audio visual pada siswa sekolahdasar kelas rendah. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Melakukan analisis kebutuhan pada peserta didik, (2) Pembuatan produk awal, (3) Tinjauan para ahli, (4) Revisi produk, (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi produk, (7) uji coba skala besar, (8) revisi produk, Uji coba skala kecil dilakukan di SD N 62 Pangkalpinang  yang berjumlah 20 anak. Uji coba skala besar dilakukan di SD N 39 Pangkalpinang berjumlah 22 anak dan SD N 6 Pangkalpinang  yang berjumlah 23 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran, yaitu: (1) lompat kangguru, (2) estapet jalan kepiting , (3) berjalan ular cepat, (4) Lempar Monyet , (5) lompatan kodok kebelakang. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan guru SD, ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran ini sangat baik dan efektifReferensi
Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
Arief S. Sadiman, et. al, 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Barth & Boesing. (2010). Training basketball. Maidenhead: Mayer Sport (UK). Ltd.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall.1983. Educational Research: An Introduction, Eighth Edition. New York: Longman
Munarwan. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Yogyakarta: DISPORA Yogyakarta.
Save M. Dagun. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, (Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Sujadi, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.