PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 6 GORONTALO

Penulis

  • NIMIM ALI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Untuk menegetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pelmbelajaran  di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. (b) Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis dengan jenis penelitian kualitatif Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui: interview(wawancara); menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini bahwa: Peran guru pendidikan agam Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo; (a) Peran guru sebagai demonstrator yakni mendemonstrasikan materi tata cara ibadah dalam Islam, (b) peran guru sebagai pengelola kelas yakni lingkungan ini diatur dan diawasi dengan baik, (c) Peran guru sebagai mediator yakni mengefektifkan proses penyampaian materi dalam pembelajaran, (d) peran guru sebagai motivator yakni memberikan informasi manfaat dari materi yang diajarkan pada siswa bagi kehidupannya dan memberikan penguatan, Minat belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo terlihat dari siswa rajin belajar, siswa selalu datang di sekolah tepat waktu, siswa memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, siswa selalu mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru dan siswa selalu akrab dengan gurunya dalam belajar.

Kata kunci :Peran Guru, Motivasi Belajar

Referensi

Bawani, Imam, Segi-segi Pendidikan Islam, Surabaya: al-ikhlas, 1987

Budimansyah, Dasim, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Bandung: Genesindo, 2003.

Deparetemen Agama RI, AL-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an: 2005.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Djojohadikusumo, Sumitro, Pokok-Pokok Pikiran Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pusat Penerbitan Depdikbud, 1985.

Dhofier, Zamaksyari, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1982.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2002.

Hasan, Chalijah, “Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan†Surabaya: Al-Ikhlas, 1994.

http://sobatbaru.blogspot.com/2008/10/tinjauan-minat-belajar-siswa.html.

Imran, Zarkasi, Rekonstruksi Pendidikan Islam Dalam Dunia Pendidikan, Jakarta, Media Grafindo, 1999.

Kambey, Daniel C., Didaktik Metodik Manado: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado, 2000.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru), Bandung: Remaja RosdaKarya, 2005.

Marajo, Y.S., Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Insani Press. 1998.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nahalawi, Abdurrahman, Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fil Baiti wal Madrasati wal Mujtama, Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat, (terj. Shihhabuddin), Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Nasution, S., Sosiologi Pendidikan, Ed. II, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Nurkancana, Wayan dan PPN Sunartana, Psikologi Pendidikan, Bndung: Pustaka Martiani, 1994.

Rahman, Abdul, “Pengelolaan Pembelajaran Tentang, Seperangkat Kompetensi Guru†Cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. III ; Jakarta: Kalam Mulia,2002.

Sadiman, Arifin S., Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali, Cet. II; 2000.

Sanusi, Suad, Psikologi Pendidikan; Suatu Pengantar, Bandung: Pustaka Setia, Cet. Kedua, 1998.

Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. 15, Jakarta; RajaGrafindo Persada, 2007.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudirman, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1987.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Al-Fabeta, 2005.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Sutikno, M. Sobry, Menggagas Pembelajaran Efektifdan Bermakna, Cet. II; Mataram: NTP Press, 2007.

Syah, Muhibbin, Metode Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Media Publishing, 1997.

, Pengantar Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Thoha, M. Chalib, Teknik Evaluasi Pendidikan Cet. 5, Jakarta: Raha Grafinso, 2003.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Asa Mandiri, 2008.

Uhbiyati,Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Yousda, Ine Amirman dan Zainal Abidin, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Bandung: Bumi Askara, t.th.

Yusuf LN, Syamsu, Psikologi Belajar Agama, Bandung: Pustaka Bani Quraish, 2004.

Kartino, ST. 2011. Menjadi Guru Untuk Muridku. DI Yogyakarta: PT Kanisius

Diterbitkan

2019-04-02

Terbitan

Bagian

Articles