PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLAY TEACH PLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGAILIAT

Penulis

  • WIDATI AMALIN ULFAH SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG

Abstrak

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLAY TEACH PLAY

TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI

SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGAILIAT

 

Widati Amalin Ulfah

 STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

widati.amalinulfah@stkipmbb.ac.id.

 

 

                                                               ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungailiat dengan menerapkan model pembelajaran play teach play. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu dengan jenis rancangan pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Sungailiat yang berjumlah tujuh kelas, sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 34 orang dan kelas VIII D berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.

            Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung = 5,041 > 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran play teach play yang digunakan dalam pembelajaran penjas pada materi passing bawah bola voli.

 

Kata kunci : model play teach play, hasil belajar, passing bawah bola voli.

 

 

 

Referensi

Daftar Pustaka

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan kesehatan, Bandung: Alfabeta cv

Joyce, Bruce Dkk., 2009. Model Of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kuhrach, Cindy. 2007. Pengaruh Pre-Intruksi, Bermain-belajar-bermain, dan Pengelolahan pengalaman Terhadap keterampilan Karakter. Jurnal Jasmani dan Olahraga Pendidikan. Diakses dari http://eric.ed.gov/?id=EJ794522 (pada tanggal 14 maret 2017).

L. Viera, Barbara Dkk. 2004. Bola Voli Tingkat Pemula, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Lestari, Novi. 2008. Melatih Bola Voli Remaja, Yogyakarta: PT Citra Aji Pramata

Maksum, Ali. 2012. Metode Penelitian Dalam Olahraga, Semarang: Unesa University Press.

Riadi, Edi. 2014. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik.. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Risyanto, Aris. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Play Teach Play Terhadap peningkatan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan jasmani. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://revository.upi.edu/16978/ (pada tanggal 14 maret 2017).

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Alfabeta cv.

Diterbitkan

2019-04-11

Terbitan

Bagian

Articles