PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN METODE CERITA BERGAMBAR DI PAUD
Kata Kunci:
Berbicara, Cerita Bergambar, PAUD, Kelompok BAbstrak
Berbicara merupakan kemampuan yang harus dimiliki anak, sesuai dengan tahap dan karakteristik perkembangannya. Seperti halnya keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Pada saat berbicara anak berusaha mengungkapkan ide dan gagasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode cerita bergambar. Diharapkan kegiatan berbicara menggunakan media buku bergambar yang bervariasi dapat menarik minat anak dan mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action researc) dengan model Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun, kelompok B.1 di PAUD TK ABA Tirta Jaya yang berjumlah 19 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak melalui cerita bergambar. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk mengetahui kondisi permasalahan yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitati. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dari metode cerita bergambar kepada siswa yang menerima pemberlakukan terhadap peningkatan kemampuan berbicara.Referensi
Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337
Bambang Riyanto. (2001). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE.
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Karmila P. Lamadang. (2020). Strategi Mendidik Anak Mahir Membaca Tanpa diajar. Cendikia Global Mandiri.
Muhaiminah, M. (2018). Pengaruh Media Kokami (Kotak Dan Kartu Misterius) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B RA Raudlatul Ulum Tebas Gondangwetan Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 63–73.
Sadiman. (2002). Pengertian Media Dalam Pendidikan. Rineka Cipta.
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.