PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA KERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
kompetensi, budaya kerja, hasil belajar siswaAbstrak
Observasi data hasil belajar USBN SD/MI sekecamatan Nongsa Batam rata-rata ialah 59,51 masih belu memuaskan karena belum memenuhi kriteria minimal ataupun cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan budaya kerja guru terhadap hasil belajar siswa SD Negeri di Gugus 2 Kecamatan Nongsa Kota Batam. Pendekatan yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Seluruh guru SD Negeri di Gugus 2 Kecamatan Nongsa dengan total populasi 76, sampel dipilih secara random, ditetapkan 62 orang. Data dikumpulkan melalui metode penyebaran kuesioner. Hasil investigasi memperlihatkan: (1) keahlian guru berpengaruh secara positif dan bermaknabagihasil belajar murid SD Negeri di gugus 2 Kecamatan Nongsa Kota Batam sebesar 0,390 (39%), maka H01 ditolak dan Ha1 diterima; (2) budaya kerja guru berpengaruh secara positif dan bermakna bagi hasil belajar murid SD Negeri di gugus 2 Kecamatan Nongsa Kota Batam sebesar 0,374 (37,4%), maka H02 ditolak dan Ha2 diterima; (3) keahlian dan budaya kerja guru berpengaruh positif dan bermakna secara serentak bagi hasil belajar siswa SD Negeri di gugus 2 Kecamatan Nongsa Kota Batam sebesar 0,501 (50,1%), dengan demikian H03 ditolak dan Ha3 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh kompetensi dan budaya kerja guru secara parsial maupun serentak terhadap hasil belajar peserta didikReferensi
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.
Dhermawan, A. A. N. B., Sudibya, I. G. A., & Utama, I. W. M. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 179–181. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/2203
Diyanti, D., Hubeis, M., & Affandi, M. J. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Implikasinya Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Institut Pertanian Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 361–372. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.361
Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. 13(1), 1–13.
Fitriani, I. D., & Sadarman, B. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Administrasi Umum Pada Pt Pln (Persero) Area Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 155–172. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp155-172
Gering, Supriyadi dan Triguno. (2011). Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta.
http://eprints.ums.ac.id/56340/4/BAB%20I.pdf (diakses 14 Juli 2020) http://repository.unpas.ac.id/37253/3/BAB%20II%20FIXXXX%20BANGEEEEET.pdf (diakses 16 September 2020)
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
Meutia, K. I., Husada, C., Dan, O., Organisasi, K., Kinerja, T., & Jurnal, K. (2019). pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja. Jurnal Riset Manajmen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 119–126.
Mukhlisin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Perolehan Konsep (Concept Attainment) Siswa Kelas VI Roudlotul Muta’allimin Putat Lor-menganti-Gresik. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya. Tidak diterbitkan.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Muslimin. 2011. “Perlunya Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Solusi Mengatasi Problem Klasik Pengajaran Bahasa dan Sastra di Sekolahâ€. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, Issn 2088-6020, Vol. 1, No. 1.
Ndraha, Taliziduhu. 2012. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sarstedt, M. (2019). The Great Facilitator. The Great Facilitator, May. https://doi.org/10.1007/978-3-030-06031-2
Yasir, Z. (2016). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Tamwil, 1(1), 27. https://doi.org/10.31958/jtm.v1i1.317