PENGUNAAN APLIKASI PADLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN (STUDI KASUS UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN)

Penulis

  • Fitriyani Sanuhung Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Juliani Abd Wahab Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Mukhlisatinnisa Amalia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Mira Ifta Rimadhani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Kata Kunci:

Padlet, Pembelajaran Online, Media Pembelajaran

Abstrak

Masa pandemi yang mengharuskan proses belajar mengajar menjadi online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pada masa ini serta aplikasi seperti Zoom Meeting, Google Meet, Google Classroom, WhatsApp, Telegram, Padlet, Quizizz, dan aplikasi penunjang pembelajaran yang efektif lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi, belajar mengajar tetap terlaksana dengan baik, walaupun terdapat banyak kendala yang di hadapi pendidik maupun peserta didik. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran Aplikasi Padlet yang digunakan untuk menunjang pembelajaran daring dengan penelitian kualitatif. Hasil dari penulisan artikel ini menunjukkan bahwa Aplikasi Padlet dapat digunakan pada proses belajar mengajar secara daring, yang dimana pada aplikasi ini pendidik maupun peserta didik bisa menjalankanpresentasi (memaparkan materi pembelajaran), dan aktif berdiskusi. Namun disisi lain dalam menggunakan Padlet terdapat kendala saat pertama kali mengoperasikan Padlet yang dimana mahasiswa belum paham akan cara menjalankan aplikasi padlet.

Referensi

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar di masa Pandemi. 4(1), 6.

Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (Bdr) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Sman 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70

Arina Rohmatika, P. A., & Putra, R. M. (2020). STUDI PENGGUNAAN APLIKASI PADLET PADA KELAS MENULIS. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1(2), 1–9.

Desirizta Sari Steviani. (2020). Presentasi Interaktif Dalam Pembelajaran Daring. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 1(1), 153–162. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.211

Fajar Nugraha, Riza Fatimah Zahrah, A. M. (2021). ANALISIS E-LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN. 9(1), 472–473.

Jumaydi, M. C. (2020). STUDI KASUS PENGGUNAAN PADLET & GOOGLE FORM PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 10 PASURUAN. 385–389.

Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869

Nofrion. (2017). No Title. PADLET SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI (SEBUAH PANDUAN SEDERHANA), 8.

Nofrion. (2021). Padlet sebagai Platform Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Journal UNP.

Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. 1–22.

Susanto, F. dkk. (2021). PEMANFAATAN MODA APLIKASI PADLET UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAGI GURU-GURU SMA/K SE-KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.3996

Volume, D., & Bahasa, J. (2021). e-issn 2715-8381. 4(1), 1–15.

Diterbitkan

2022-01-12

Terbitan

Bagian

Articles