PENGARUH PELATIHAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP PROFESIONALISME GURU
Kata Kunci:
pelatihan berbasis TIK, kompetensi pedagogikAbstrak
Abstract. Era disrupsi teknologi yang dipercepat dengan pandemic Covid-19 menuntut guru untuk dapat mengikuti percepatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan berbasis TI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh pelatihan pembelajaran sekolah berbasis teknologi informasi komunikasi dan kompetensi pedagogik terhadap profesionalisme guru SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Peneliti memakai metode dengan pendekatan kuantitatif desain korelasional. Pengambilan sampel menggunakan non probability (sensus) sebanyak 48 responden. Kuesioner dan dokumentasi dipergunakan sebagai teknik pengambilan data. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif, dan statistic inferensial dengan regresi linear berganda. Dari hasil analisas regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variable pelatihan, dan kompetensi pedagogoik secara serentak dan signifikan berpengaruh terhadap profesionalisme guru SD Muhammdiyah Plus Kota Batam. Hasil uji t disimpulkan bahwa peubah pelatihan mempunyai pengaruh yang bermakna bagi profesionalisme guru. Demikian pula kompetensi pedagogik berpengaruh secara bermakna terhadap profesionalisme guru dengan taraf signifikan 0,05. Oleh karena itu, riset ini menyimpulkan bahwa Pelatihan pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi dan kompetensi pedagogik berpengaruh secara bermakna bagi profesionalisme guruReferensi
Agatha, M., Anasrulloh, M., & Umami, N. (2017). Kontribusi Pelatihan Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Tulungagung. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA 2017, penulis 1, 201–209.
Batu, M. I. S. (2021). Pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru melalui pengembangan profesional guru madrasah ibtidaiyah se-kota batu 1). 1, 144–157.
Dan, K., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., & Semarang, U. N. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. In Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.15294/ijcets.v2i1.2076
Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321
Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1359. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14059
Hanifah. (2016). Latar Belakang Masalah Hipertensi. 2020, 64–74.
Hidayat, E., Guru, K. M., & Belajar, P. S. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1), 81–88. https://doi.org/10.17509/jap.v21i1.6663
Ika Mustika, Latifah, dan R. B. P. (2020). Abdimas Siliwangi. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial, 03(01), 49–59.
Inscrição, C. D. E. (2018). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 3(2), 2018.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lestari, T. (2020). Survei Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Berita.Upi.Edu. https://berita.upi.edu/survei-pembelajaran-daring-pada-masa-pandemi-covid-19-di-kampus-upi-cibiru/
Putra, B. A. M., & Kumalaputra, I. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran. Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12 (01)(1), 55–72.
Rahmawati, S. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar Dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru Di Smk Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12), 67–75. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6482
Sidik Widaryanto. (2016). Hubungan Antara Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172.
Villela, lucia maria aversa. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yuliana, Y., Haryadi, H., & Anggraeni, A. I. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dengan Mmotivasi Sebagai Variabel Intervening Di Mi, Mts Dan Smk Yayasan Pesantren Darul Abror Kedungjati. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(1). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1288