PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN SEKOLAH SATUAN PENDIDIKAN KERJASAMA
Kata Kunci:
budaya organisasi, motivasi kerja, kompetensi interpersonal, kinerjaAbstrak
Riset ini untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, motivasi kerja, dan kompetensi interpersonal terhadap kinerja tenaga kependidikan Sekolah SPK di Kota Batam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, korelasional dengan sampel 55 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen untuk menganalisis kinerja tenaga kependidikan. Hasil riset diperoleh bahwa variabel budaya organisasi, motivasi kerja, dan kompetensi interpersonal secara serentak dan bermakna berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan. Hasil variabel budaya organisasi kompetensi interpersonal berpengaruh secara bermakna terhadap kinerja, dan motivasi kerja tidak berpengaruh. Koefisien determinasi sebesar 0,886 menunjukkan bahwa 88,6% kinerja tenaga pendidikan dipengaruhi secara serentak oleh peubah budaya organisasi, motivasi kerja, dan kompetensi interpersonal. Oleh karena itu, riset ini menyimpulkan bahwa kinerja yang baik dapat dipengaruhi oleh budaya organisasi dan kompetensi interpersonal, sedangkan motivasi kerja tidak memberikan kontribusi yang signifikan dalam pencapaian kinerja tenaga kependidikan.Referensi
Dhermawan, A. A. N. B., Sudibya, I. G. A., & Utama, I. W. M. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 179–181. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/2203
Diyanti, D., Hubeis, M., & Affandi, M. J. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Implikasinya Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Institut Pertanian Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 361–372. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.361
Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. 13(1), 1–13.
Fitriani, I. D., & Sadarman, B. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Administrasi Umum Pada Pt Pln (Persero) Area Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 155–172. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp155-172
Lee, D.-C., Hung, L.-M., & Chen, M.-L. (2012). Empirical Study on the Influence among Corporate Sponsorship, Organizational Commitment, Organizational Cohesiveness and Turnover Intention. Journal of Management and Sustainability, 2(2). https://doi.org/10.5539/jms.v2n2p43
Meutia, K. I., Husada, C., Dan, O., Organisasi, K., Kinerja, T., & Jurnal, K. (2019). pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja. Jurnal Riset Manajmen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 119–126.
Mindari, E. (2015). Pengaruh motivasi, disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada yayasan rahmany sekayu. IImu Manajemen, 5, 15–27.
Nengsih, Y.K., dan Mega Nurrizalia (2020). Manajemen Pendidikan Masyarakat. Bandung: Edu. Publisher.
Sarstedt, M. (2019). The Great Facilitator. The Great Facilitator, May. https://doi.org/10.1007/978-3-030-06031-2
Suristya, K. L., & Adi, N. R. (2021). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 50–70. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.32584
Vito, G. F., Vito, G. F., & Higgins, G. E. (2014). Transactional and transformational leadership: An examination of the leadership challenge model. Policing, 37(4), 809–822. https://doi.org/10.1108/PIJPSM-01-2014-0008
Yasir, Z. (2016). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Tamwil, 1(1), 27. https://doi.org/10.31958/jtm.v1i1.317