PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Youtube, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Pandemic Covid-19Abstrak
Abstract.
Penelitian bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa mengenai pemanfaatan Youtube dalam pembelajaran daring PAI selama masa pandemic Covid 19. Pendekatan penelitian ini adalah qualitative research dengan metode survey. Sampel penelitian adalah 32 siswa kelas VI di SDN Karawang Wetan IV. Pengumpulan data menggunakan angket berskala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap setiap pernyataan pada setiap aspek angket yang diberikan. Pemanfaatan YouTube secara efektif bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran, dan terbukti guru PAI dapat mengelola untuk memfasilitasi siswa belajar. Dengan pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran PAI, siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat meningkatkan motivasi, kemandirian, kedisiplinan dan lebih giat mengikuti pembelajaran
Â
Referensi
Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2019). Life Skill Education and It’S Implementation in Study Programs Islamic Religious Education. Jurnal Tarbiyah, 26(2), 278–293. https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.485
Amirudin, & Muzaki, I. A. (2021). Demonstration Of Effectiveness Of Implementation Method Of Student Learning PrayERS Amirudin1. Ta’dibL Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 111–120. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i1.7816
Amirudin, Nurlaeli, A., & Amar Muzaki, I. (2020). Pengaruh Metode Reward And Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 140. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102
Anggidesialamia, H. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Melalui Review Konten Cerita Rakyat Pada Aplikasi Youtube. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 75. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3779
Ardian, M. (2013). Sikap Masyarakat Surabaya. E-Komunikasi, 1(1).
Asdar, A. F. (2020). The Effectiveness of Online Learning on Bahasa Indonesia During Covid-19 Pandemic. 509(Icollite), 57–62. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.009
Balbay, S., & Kilis, S. (2017). Students’ Perceptions of the use of a YouTube channel specifically designed for an Academic Speaking Skills Course. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 3(2), 235–251. https://doi.org/10.32601/ejal.461003
Budiono. (2017). Pendidikan humanistik ki hajar dewantara dalam perspektif pendidikan islam Ki Hajar Dewantara’s humanistic education in the perspective of Islamic education. Intelektual, 7, 42–53.
Butnaru, G. I., Niță, V., Anichiti, A., & Brînză, G. (2021). The effectiveness of online education during covid 19 pandemic—a comparative analysis between the perceptions of academic students and high school students from romania. Sustainability (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/su13095311
Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. 12(1), 1–8.
Fleck, B. K. B., Beckman, L. M., Sterns, J. L., & Hussey, H. D. (2014). YouTube in the Classroom: Helpful Tips and Student Perceptions. The Journal of Effective Teaching, 14(3), 21–37.
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165
Lestari, W. R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 5, 3847–3851.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif [Qualitative Research Methodology]. PT Remaja Rosdakarya.
Mubin, M. N. (2021). Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat. EUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 16–31.
Muhamad Ansori. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasibelajar Siswapada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 18(1), 100. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81–91. https://e-journal.unair.ac.id/index.php/RLJ
Sharma, T., & Sharma, S. (2021). A study of YouTube as an effective educational tool. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(1), 2021. https://cibg.org.au/2686
Simanjuntak, U. S., Silalahi, D. E., Sihombing, P. S. R., & Purba, L. (2021). Students’ Perceptions of Using Youtube As English Online Learning Media During Covid-19 Pandemic. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 150. https://doi.org/10.33394/jollt.v9i2.3567
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan Tindakan. Refika Adhitama.
Susanna, D. (2020). When will the COVID-19 pandemic in indonesia end? Kesmas, 15(4), 160–162. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V15I4.4361
Susanto, E., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Nipriansyah, N., & Purdiyanto, P. (2021). Constraints of Online Learning Using Google Classroom During Covid-19. Education Quarterly Reviews, 4(2). https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.02.201
Yaacob, Z., & Saad, N. H. M. (2020). Acceptance of YouTube as a Learning Platform during the Covid-19 Pandemic: The Moderating Effect of Subscription Status. TEM Journal, 9(4), 1732–1739. https://doi.org/10.18421/TEM94-54