PENGARUH BOWLING KALENG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK
Kata Kunci:
Bowling Kaleng, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena yang tampak di lembaga Raudhatul Athfal Qur’ani Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo, anak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan senam, tapi untuk pelajaran anak kurang bersemangat sehingg kurang fokus dalam pembelajaran, karena sistem atau kurikulum di lembaga Raudhatul Athfal Qur’ani Nurur Rahmah terlalu menoton dan hanya menggunakan media seadaanya, misalnya: hanya meniru tulisan di papan tulis, lembar kerja anak atau pemberian tugas rumah. maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Bowling Kaleng terhadap motivasi belajar anak di Raudhatul Athfal Qur’ani Nurur Rahmah Sambirampak lor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Expose Facto. Data populasi diambil dari anak Kelompok B Raudhatul Athfal Qur’ani Nurur Rahmah Sambirampak Lor. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Tehnik purposive sampling dan tehnik pengumpulan data melalui angket dan tes. Sedangkan Analisis data menggunakan Analisis Product moment dan regresi linier. Hasil penelitian diperoleh dari korelasi product moment nilai thitung sebesar 0,641% dengan nilai signifikan sebesar 0,00<0,05. Maka Ho di tolak dan Ha di terima dan di peroleh dari uji Simultan (F) dengan nilai Fhitung=16,775. Ftabel diperoleh nilai=4,23 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Perbandingan keduanya memberikan hasil Fhitung >Ftabel= 16,775>4,23 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha di terima, yang diperoleh dari hasil R Square menunjukkan bahwa kesimpulan penelitian berpengaruh sebesar 41,10% dan sisanya 59,90% dari faktor lain dalam penelitian yang tidak terkaji.Referensi
Amin, M. A. (2012). Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Mata Dan Tangan Melalui Permainan Bowling Adaptif Pada Anak Adhd Attention Deficit Hyperactive Disorder. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 248–259. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Aryani, P. A., Agung, A. A. G., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bowling untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Huruf pada Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Dan Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10(1), 65–71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224
Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model Rms (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128
Fiska Fara, Rosita Wondal, N. M. (2020). Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(58), 1–10.
Hayati, F., & Mustika, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Permainan Bowling Anak kelompok A di PAUD Kasih Ibu Banda Aceh. III(1), 1–11.
Kadir, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar di Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 211–223. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.101
Kamtini, & Sandy, D. A. (2017). Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal ( ABA ) 05 Medan Tahun Ajaran 2016 / 2017. Bunga Rampai Usia Emas, 3(1), 13–25.
Nisa, L. C. (2012). Pemanfaatan Teknologi informasi untuk Pengembangan Kemampuan berhitung Anak Usia Dini. Sawwa, 7(April), 91–112.
Nur’iani, & Marlina, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Aritmatika di Taman Kanak-Kanak. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 22–27.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH
Rusli, K. (2021). Pengaruh Masa Pubertas Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Di SMP Negeri 30 Makassar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.880
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Tentama, F., & Arridha, G. (2020). Motivation to learn and employability of Vocational High School students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 301–306. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.14170
Tentama, F., Subardjo, & Abdillah, M. H. (2019). Motivation to learn and social support determine employability among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 237–242. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18188
Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088
Ulu-Kalin, Ö., & Baydar, A. (2020). The Effect of Critical Thinking Skills and Emotional Intelligence on the Epistemological Beliefs of Students in a Child Development Program. International Online Journal of Education and Teaching, 7(4), 1428–1437. http://www.systems.wsu.edu/scripts/wsuall.pl?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1271121&site=ehost-live