PENGARUH GERAKAN LITERASI MADRASAH TERHADAP MINAT BACA BAHASA INDONESIA KELAS IV
Keywords:
Gerakan Literasi Madrasah, Minat Baca, Bahasa IndonesiaAbstract
Minat baca siswa sangat dipengaruhi oleh program dan inovasi yang dilakukan baik oleh sekolah maupun guru itu sendiri. Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum berupaya melakukan literasi dalam rangkah memberikan vasilitas belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Gerakan Literasi Madrasah berpengaruh terhadap minat baca dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Ulum Gresik. Jenis eksperimen pendekatan kuantitatif digunakan bersamaan dengan desain penelitian ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa dari kelas IV A sebanyak 31 siswa dan IV B sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test antar kedua subjek. Berdasarkan temuan penelitian, rata-rata nilai pre-test adalah 76,97, sedangkan nilai post-test adalah 96,39. Temuan menunjukkan bahwa secara statistik, nilai rata-rata post test lebih tinggi dari pre test (adanya peningkatan). Berdasarkan nilai Sig (2-tailed) dari “Paired Samples Testâ€, hal ini terjadi. kurang dari 0,000 < 0,05 tolak H0 dan terima H1 berdasarkan keputusan yang dibuat dalam pedoman pengambilan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah dilakukan tes. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan budaya literasi mempunyai pengaruh terhadap minat baca siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mendapatkan respon positif dari guru.References
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.
de Matos, F. G. (1992). INTRODUCTION TO APPLIED LINGUISTICS . William Grabe and Robert B. Kaplan ( Eds. ). Reading, MA: Addison-Wesley, 1991. Pp. vi + 354. Studies in Second Language Acquisition, 14, 465–466.
Dharma, K. B. (2020). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 70–76.
Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60.
Faradina, N. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Farida Rahim. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar . Bumi Aksara.
Gewati, M. (2016). Minat baca Indonesia ada di urutan ke-60 dunia. Kompas. Com, 29.
Kemdikbud. (2016). Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah.
Kepada, D., Tarbiyah, F., Tadris, D., Agama, I., Negeri, I., Memenuhi, B. U., Persyaratan, S., Memperoleh, G., Sarjana, G., Bidang, D., & Tarbiyah, I. (n.d.). MENGGUNAKAN TEKNIK SKIMMING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU SKRIPSI.
Rahayu, R. (2018). Korelasi Antara Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 103–109.
Rumaf, N., & Wahyuningsih, A. (2020). Penerapan Gaya Literasi Read And Writing Bagi Siswa Di Sd Labschool Stkip Muhammadiyah Sorong Warmon Kokoda Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21–27.
Setyowati, R. T. (2017). Hubungan minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Joyful Learning Journal, 6(2), 78–82.
Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Writing research: Multidisciplinary inquiries into the nature of writing series. ERIC.
Umam, N. K. (2017). LITERACY OF INDONESIAN LANGUAGES BASED ON LOCAL CULTURE MODEL COOPERATIVE CIRC. In JTIEE (Vol. 1, Issue 2).
Widodo, S. (2017). Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31227/osf.io/agu6f