STARATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 5 LUWUK KABUPATEN BANGGAI
Abstract
Institusi pendidikan harus dilaksanakan dan dikembangkan dengan sebaiknya agar tercapai tujuan organisasi (Sekolah ) yaitu, mutu pendidikan yang berkualitas. kepala Sekolah harus menerapkan kepemimpinan dengan penguasaan setiap kompetensi kepala sekolah yang telah ditetapkan, yaitu kompetensi profesional, kompetensi wawasan kependidikan untuk manajemen, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dengan penguasaan semua kompetensi di atas, diharapkan kepemimpinan efektif akan tercipta dan pendidikan berkualitas.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Starategi Kepala Sekolah dalam Menarapkan kedisiplinan siswa d SMP Negeri 5 Luwuk Kabupaten Banggai Metodologi dalam penulisan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dokumentasi dan rekaman data. Hasil penelitian disiplin siswa membuktikan bahwa kinerja yang kepala sekolah kerjakan dan merupakan program yang telah di rencanakan terhadap pembentukan etika, sikap dan norma- norma siwa itu sendiri dan memiliki dukungan yang sangat besar dari berbagai pihak,sehingganyan hasil penelitian membuktikan peran serta kepala sekolah ini didukung oleh seluruh stekholder yang ada di sekolah tersebut.
Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah Dalam Menarapkan disiplinan siswa.
References
Akdon Strategi Management For Educational Management. penerbit Alfabeta 2011
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Basrowi dan Suwandi; 2008. Memahami Pebelitian Kualitatif penerbit Rineka Cipta.
Hasibuan Melayu Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi penerbit Remaja Rosdakarya 2012
Markum Human Resourrces Management. penerbit SMMAS 2000
Rohiat Manajemen sekolah. Penerbit PT Rafika Aditama 2012
Ridhahani, Tranformasi Nilai-Nilai Karakter/Akhlak dalam Proses Pembelajaran, (Yogyakarta:LKiS 2013), Cet ke-I, h.91
Handayani, Rinawati. 2007. Penanaman Disiplin dalam Menaati Peraturan dan Tata Tertib. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Bandung: PT. Media Purnama
Wukir Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah penerbit multi persindo 2013