PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEVISI MEREK LG PADA TOKO CITRA ELEKTRONIK LUWUK

Penulis

  • RINI HADIYATI Fakultas Ekonomi dan Bisnis UML

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v4i1.599

Kata Kunci:

Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan mengenai harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputuan pembelian, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian televise merek LG pada Toko Citra Elektronik Luwuk. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelian produk televisi merek LG di kota Luwuk, dengan 71 responden sebagai sampel yang diperoleh dengan menggunakan metode sampling aksidental yaitu tehnik penentual sampel berdasarkan kebetulan. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yang menjelaskan data penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa secara simultan maupun secara parsial variabel harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian televisi merek LG pada Toko Citra Elektronik Luwuk, serta berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian televisi merek LG pada Toko Citra Elektronik adalah citra merek.

Referensi

Assauri, Sofjan. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Devi Puspitasari, Audita Nuvriasari (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta), Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Vol 3 No 2

Engel, James F, et.al., (2007), Consumen Behavior, Alih Bahasa: Budiyanto, Jilid 1 dan 2, Bina Rupa Aksara, Jakarta

Ferdinand, Augusty, (2013), Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Ghanimata, Fifyanita. (2012). “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)â€. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiyati, Rini. (2017). Pengaruh Atribut, Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Produk Semen Tonasa Pada Inti Sarwa Bogam Luwuk. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR, Volume 1, Nomor 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hal 64 – 74

Hahn, Fred E. (2007). Beriklan dan Berpromosi Sendiri. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka Utama.

Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

I Gede Cahaya Adi Putra, I GPB. Sasrawan Mananda, Ni Gusti Ayu Susrami Dewi (2016). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan PembelianTiket Maskapai Citilink Oleh Wisatawan Nusantara Bali, Jurnal IPTA Vol. 4 No. 2

Kotler, Philip, (2006), Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

-----------------------, (2008), Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga, PT. Prenhallindo, Jakarta

------------------------. (2012). Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks

Kotler dan Keller, (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Malhotra, Naresh K. (2010). Marketing Research an Applied Orientation. New Jersey: Pearson

Nurillah Okta Ambarini, Nurul Qomariah, Anwar (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Rudy Cell Jember, Jurnal IPTEKS

Peter, J.Paul & Jerry C. Olson. (2005). Consumer Behaviour perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi ke empat. Jilid 6. Jakarta: Erlangga

Simamora, Bilson. (2003). Aura Merek. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi

Situmorang, Syafrizal H dan Lufti, Muslich, (2012), Analisis Data, Untuk Riset Manajemen dan Bisnis, Cetakan ke Dua, USU Press, Medan.

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Kesebelas, CV. Alfabeta: Bandung.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Swastha, Basu. DH. (2008). Asas-asas Marketing, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Bashu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Swastha, Bashu dan T. Hani Handoko. (2009). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, CV.Andi Offset, Yogyakarta.

--------------------- (2010). Service Quality and satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-02

Terbitan

Bagian

Articles