TINGKAT LITERASI PARIWISATA HALAL DAN KEPUTUSAN BERWISATA PADA WISATA HALAL (STUDI PADA WISATAWAN DOMESTIK DI INDONESIA)

Penulis

  • AULA NURUL MA'RIFAH Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung http://orcid.org/0000-0002-0251-4262
  • M NASOR Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • ERIKE ANGGRAENI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v4i1.455

Kata Kunci:

Pariwisata, Pariwisata Halal

Abstrak

Pariwisata telah menjadi suatu bagian esensial di masyarakat dan merupakan suatu sektor yang mampu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia, pariwisata pernah menjadi suatu sektor yang tumbuh ketika penerimaan ekspor turun, artinya sektor ini merupakan sektor yang cukup potensial untuk dikembangkan terutama pariwisata halal mengingat Indonesia mayoritas penduduknya Muslim. Penelitian ini bertujuan unuk melihat tingkat literasi dari pariwisata halal dan mengenai tingkat keputusan berwisata pada wisata halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 56,5% wisatawan telah mengetahui konsep wisata halal dan ketika wisatawan diberikan gambaran lebih jauh mengenai wisata halal, sebanyak 73% wisatawan menyatakan setuju bahwa wisata halal ditujukan untuk semua kalangan atau tidak terbatas untuk kalangan tertentu saja. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan sebanyak 78% wisatawan lebih memilih dan memutuskan untuk mendatangi lokasi wisata yang ramah kepada wisatawan muslim (wisata halal) dalam melakukan perjalanan wisatanya.

Biografi Penulis

AULA NURUL MA'RIFAH, Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung

-

Referensi

Faidah, Mutimmatul. The Opportunities and Challanges of The Development of Sharia Tourism in Indonesia. Conference Papar: International Conference of Heritage, At Unnes Semarang, November 2018.

Faza, Adrila M. Analisis SWOT Pariwisata Halal Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Manajemen Indonesia Volume 19 Nomor 1, 2019 ISSN 2502-3713. Pp 10-29

Hamiza, Azreen Binti Abdul Aziz. Muslim Friendly Tourism: Concept, Practice, and Challanges in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 27 November 2018. Issn 2222-6990

Pratiwi Soraya K, Dida Susanne, dan Sjafiran A Nuryah. Strategi Komunikasi Dalam membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi Volume 6 Nomor 1, Juni 2018 ISSN 2477-5606. Pp 78-90

Sari K Firdausa, Safitri Novita, dan Anggraini Wahyu. Persepsi, Sikap, dan Minat Pariwisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Volume 2 Nomor 2 Desember 2019 ISSN 2622-4798. Pp 137-155

Satriana Eka D dan Faridah Hayyun D. 2018. Wisata Halal: Perkembangan, Peluang, dan Tantangan. Journal of Halal Product and Research (JHPR) Volume 1 Nomor 2, Mei-November 2018. Pp 32-43

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

UN-World Tourism Organization diakses dari unwto.org

Widagdyo, Kurniawan G. Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomics Volume 1 Nomor 1 (2015). Pp. 73-80

https://bisnis.tempo.co/read/1271875/wishnutama-pastikan-bali-dan-toba-tak-akan-jadi-wisata-halal/full&view=ok

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190904205123-269-427610/edy-rahmayadi-respons-polemik-wisata-halal-di-danau-toba

https://sumatra.bisnis.com/read/20190902/533/1143635/polemik-wisata-halal-danau-toba-begini-konsep-yang-ditawarkan

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-02

Terbitan

Bagian

Articles