PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH DI KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.428Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank SyariahAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah;  2) Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah pada Bank Syariah yang ada di Kota Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank Muamalat dan BNI Syariah di kota Baubau. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang nasabah yaitu 50 orang merupakan nasabah dari bank Muamalat dan 50 oarang merupakan nasabah dari bank BNI Syariah. Jenis data berupa data primer yang bersumber dari kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000;  2) Terdapat korelasi/hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dengan tingkat korelasi yang kuat sebesar 0,751.Â
Referensi
Astute, S, P., Wilasari, W., Utami, D,E., 2009. Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bank Syariah. Jurnal Manajemen Bisnis | Vol. 2 No. 1.
Atmaja, J, 2018. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB.
Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1 April 2018.
Cahyani, D, P., 2016. Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 6 (2), Oktober 2016 P-ISSN: 2087-2038; E-ISSN:2461-1182. Hal 151 – 162.
Dewi, C, I., dan Sudiartha, I, G., 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 8, 2018. ISSN: 2302-8912.
Hastuti dan Nasri, 2014. Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Nasabah: Aplikasi Servqual Model Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Kota Malang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 3, Nomor 3, Desember 2014.
Irmal, 2013. Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Cakrawala Mega Indah di Tangerang. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional. ISBN 978-602-73983-6-8. s
Jumiawan, 2014. Kualiatas Pelayanana Islami dan Kepuasan Nasabah Pada Bank Umum Syariah di Jakarta. Jurnal LiquidityVol. 3 No. 1. Hal 51 – 59.
Krisdianti, D, L dan Sunarti, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza HUT Malang Town Square.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 70. N0.1.
Kusumasitta, 2014. Relevansi Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Bagi Pengunjung Museum Di Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa Volume 7, No.1 Tahun 2014
Lupiyoadi, R., 2010. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
Mustofa, U, S dan Siyamto, Y, 2015. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Umum Syariah Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam - Vol. 01, No. 02, Juli 2015. ISSN : 2477-6157.
Nasution, N, M., 2010. Manajemen Jasa Terpadu. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor. Jawa Barat.
Puspitaningsih, F., 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di MC Donald Sri Ratu Mall Kediri. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA.
Putri, V, A dan Fatmasari, D, 2018. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart di Kelurahan Srondol Wetan Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif Vol. 3 No. 5 Edisi 5 Januari 2018.
Sunyoto, D, 2013. Teori Kuesioner dan Analisi Data untuk Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Suryani, 2014. Analisis Kualitas Faktor Pelayanan di Bank Syariah. Jurnal Al-Iqtishad Vol. VI No 2.
Tjiptono, Fandy, Gregorius, C., 2011. Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: ANDI
Undang-undang nomor 7 tahun 1992 mengenai Perbankan.
Undang-undang nomor 10 tahun 1998 mengenai Perbankan.
Undang-undang nomor 21 tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah.
Wicaksono, T., 2017. Pengaruh Dimensi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Upik Futsal Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajmen Vol 1. No.2. ISSN 1979-1127.
Wiroso, 2011. Produk Perbankan Syariah. Penerbit LPFE Usakti. Jakarta.