PENGARUH PELAYANAN KARTU PRABAYAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sorong)
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.396Kata Kunci:
Pelayanan, Kartu Prabayar, Keputusan Pembelian KonsumenAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Apakah bukti langsung (tangibles) dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa fakultas Ekonomi UMS. 2) Untuk mengetahui Apakah pengaruh Kehandalan (reliability) terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, pengumpulan data diperolah dengan menggunakan angket berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden untuk diisi dengan keadaan sebenarnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna produk Telkomsel sebanyak 40 responden. Sedangkan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan 0,049, dalam penelitian ini digunakan taraf signifikan adalah 0,05 atau 5% berarti 0,049 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara variabel bukti fisik (X1), dan variabel kehandalan (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). dari data tersebut bias dilihat bahwa hipotesis (Ha) dapat diterima yaitu adanya pengaruh variabel bukti fisik dan kehandalan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sorong.
Referensi
A.P Valare A.Z & Lemard L.B (1988) SERVQUAL: A Multiple item scale for marceting Consumer oreceptions of Service Quality. Jurnal , 64 (1) 12-40
Bhuono Agung,Nugroho.2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI
Bimo Walgito, 1987. METODE PENGUMPULAN DATA: http://adityanugroho.blogspot.com 2011/03/metode-pengumpulan-data.html (diakses tanggal 21 Maret )
Harefa,Bryan Dei Gratha.2018.Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (survey pelanggan kartu prabayar IM3pada Mahasiswa kota Malang)
Kotlern, dalam Samparan Lukman. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN (Studi Tentang pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan motoling). 2000:4 http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewartcle&article=172773 (diakses tanggal 09 agustus 2014)
Kotlern Philip (1980). Manajemen pemasaran. Marketing Management Analysis. http://ilmukumanajemenpemasaran.blogspot.com/2016/1 tanggal 31 desember 2016 oleh wahyu berlin).
Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi bisnis pemasaran Yogyakarta: Andi Kotler, Philip dan Gary Amsrrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Stanton, William J. 2001 Discover How to Build a Killer Content Marketing Strategy Here Grid.co.id/blog. 2001 http://skripszmanjemen.blog.com 2011/02/pengertian-definisipemasaran.html.(Diaskes tahun 2014).
Stanton, 1978 konsep dan perencanaan Strategi Manajemen pemasaran. http://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html.ferririnaldi.
Parasuraman. (1988) oleh H. Purwanto 2011 tentang kualitas pelayanan jasa pada upaya pemenuhan keputusan pembelian konsumen http://ejournal.uajy.ac.id/654/3/2EMI16485.pdf#page=14&zoom=auto,- 12,249
Pauji irvan.2010.pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk motor merek Yamaha Jupiter Z.
Pronoto,Bambang.2008.Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen membeli kendaraan bermotor.
Rasyid, N., & Rawi, R. D. P. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PADA PT. NESTLE INDOFOOD CITARASA INDONESIA DI MAKASSAR. SENTRALISASI, 7(2), 11-27.
Sinambela. Teori pelayanan dan konsep pelayanan.(2011:5) konsep-pelayanan
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Bisnis. Analisis Pengaruh kualitas pelayanan konsumen pada warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan terhadap keputusan pembelian.
NIA C M pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas asahan tesis 2016
Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.