PERILAKU KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Luwuk)
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v3i1.341Kata Kunci:
Kelas sosial, keluarga, gaya hidup, kelompok acuan, keputusan konsumenAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor kelas sosial, faktor keluarga, Faktor gaya hidup dan faktor kelompok acuan terhadap keputusan menggunakan smartphone. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Luwuk, Penarikan sampel secara purposive sampling dan diperoleh 50 sampel. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner, Data dianalisis secara deskriptif dan statistik parametrik regresi linear berganda melalui program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan smartphone. Sedangkan variabel yang dominan berpengaruh adalah variabel gaya hidup
Â
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of social class factors, family factors, lifestyle factors and reference group factors on decisions using smartphones. the population in this study were all students of Management University of Muhammadiyah Luwuk. Sampling was taken by purposive sampling and 50 samples were obtained. Data collected through questionnaires, data were analyzed descriptively and parametric statistics of multiple linear regression through the SPSS program version 20.0. The results showed that the variables of social class, family, lifestyle and reference groups had a positive and significant effect on consumer decisions in using smartphones. While the dominant variable influencing is the lifestyle variable
Keywords: social class, family, lifestyle, reference group, consumer decision
Referensi
Arifin, Ratna Revani (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Membeli Smartphone Merek Samsung Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. ejournal Adminsitrasi Bisnis, volume 6 nomor 2, pp 723-735
Rezky Andi Putri, Noviana. (2016). Hubungan Tingkat Penggunaan Smartphone Pada Remaja Dengan Interaksi Dalam Keluarga.IPB,Bogor.
Dharmesta, Basu Swastha.,Handoko T.Hani (2008). Manajemen Pemasaran:Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.
Engel, James, Roger D.Blackwell dan Paul Miniard (1995) Perilaku Konsumen Jilid I Edisi ke enam, PT.Binarupa Aksara, Jakarta
Julianda, Ikko dan Kumalasari, Eka. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pengguna Samrtphone Merek Samsung Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta Volume 3 Nomor 1, pp 173-197
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2012) Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, dan Pengendalian. Jilid I, Erlangga Jakarta.
Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller, ( 2012 ) Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi i4, PT.Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip (2003) Manajemen Pemasaran. Jilid 2
Edisi Ke 12, Erlangga. Jakarta
Mayasari, Hesty (2012). Perilaku Pembelian Ponsel Cerdas (Smartphone) : Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup Konsumen di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Volume 3 nomor 1, Januari 2012, pp 93-120.
Miko, Andika (2011) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen
Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Lebih Dari SatuOperator., Skripsi.Universitas Andalas, Padang.
Setiadi, Nugroho J. (2003) Perilaku Konumen, Kencana, Jakarta
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku konsumen : Teori dan Penerapan dalam
Pemasaran, Faktor Psikografi. Galia Indonesia, Bogor.
Schiffman dan Kanuk, (2007), Perilaku Konsumen. dialih bahasakan oleh
Zulkifli Karsip, Edisi Ketujuh, Penerbit PT.indeks Gramedia, Jakarta.
Sugiyono. (2013) Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung
William , B. K., dan Sawyer, S. C. (2011). Diterjemahkan Oleh : Nur Wijayaning Rahayu dan Th. Arie Prabawati. Using Information Tecnology Smartphone. Yogyakarta