PENGARUH WORD OF MOUTH , LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH

THE INFLUENCE OF WORD OF MOUTH, ISLAMIC FINANCIAL LITERACY AND SERVICE QUALITY ON THE DECISION TO BECOME A CUSTOMER OF ISLAMIC BANK

Penulis

  • Hidayatun Nafiah IAIN Kudus
  • Risma Fara Abellia IAIN Kudus
  • Ita Safitri Ardianti
  • Ibnu Muttaqin

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v8i2.3349

Abstrak

Lembaga keuangan bank di Indonesia secara umum dapat dibedakan enjadi bank syariah dan bank konvensional. Pada dasarnya baik bank syariah maupun bank konvensional sama-sama melakukan kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, namun segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh bank syariah harus sesuai dengan prinsip syariah. Persaingan  antara  Bank  Konvensional  dan  Bank  Syariah  di Indonesia  merupakan  salah  satu  hal  menjadi  fokus  perhatian  para  pengelola  perbankan khususnya  yang  berkaitan  dengan  nasabah,  terlebih  lagi  Bank  Syariah  Indonesia  masih tergolong baru hasil dari penyatuan beberapa Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, literasi keuangan syariah dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode purposive sampling melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah 100 responden. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa word of mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah sedangkan literasi keuangan syariah dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Tingkat signifikansi masing-masing variabel sama yaitu sebesar 0,05 dan nilai t hitung masing-masing variabel adalah 0,809 untuk X1, 3,887 untuk X2, dan 5,556 untuk X3.

Diterbitkan

2024-12-08

Terbitan

Bagian

Penyunting