PENGARUH WORD OF MOUTH , LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH
THE INFLUENCE OF WORD OF MOUTH, ISLAMIC FINANCIAL LITERACY AND SERVICE QUALITY ON THE DECISION TO BECOME A CUSTOMER OF ISLAMIC BANK
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v8i2.3349Abstrak
Lembaga keuangan bank di Indonesia secara umum dapat dibedakan enjadi bank syariah dan bank konvensional. Pada dasarnya baik bank syariah maupun bank konvensional sama-sama melakukan kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, namun segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh bank syariah harus sesuai dengan prinsip syariah. Persaingan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia merupakan salah satu hal menjadi fokus perhatian para pengelola perbankan khususnya yang berkaitan dengan nasabah, terlebih lagi Bank Syariah Indonesia masih tergolong baru hasil dari penyatuan beberapa Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, literasi keuangan syariah dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode purposive sampling melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah 100 responden. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa word of mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah sedangkan literasi keuangan syariah dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Tingkat signifikansi masing-masing variabel sama yaitu sebesar 0,05 dan nilai t hitung masing-masing variabel adalah 0,809 untuk X1, 3,887 untuk X2, dan 5,556 untuk X3.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.