IMPLEMENTASI ANGGARAN DALAM PENGEMBANGAN BISNIS USAHA KECIL (STUDI KASUS PADA MAKANAN TRADISIONAL GOGOS)

Penulis

  • Muhammad Nur Abdi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuddin Syamsuddin universitas muhammadiyah makassar
  • Chairul Iksan Burhanuddin universitas miuhammadiyah makassar
  • Amrana Amrana universitas muhammadiyah makassar

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v7i2.3119

Kata Kunci:

Anggaran, Pengembangan Usaha, dan UMKM

Abstrak

Anggaran merupakan rencana keuangan yang disusun untuk periode tertentu, biasanya satu tahun. Anggaran memiliki peran penting dalam kegiatan usaha, termasuk dalam konteks pengembangan usaha. Penyusunan dan pelaksanaan anggaran yang baik dapat membantu usaha untuk mencapai tujuannya, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penyusunan dan pelaksanaan anggaran dalam konteks pengembangan usaha. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kasus pada usaha Gogos Pao-pao “Khas Makassarâ€. Jenis penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, display dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gogos Pao-pao “Khas Makassar†telah memiliki proses penyusunan dan pelaksanaan anggaran yang cukup baik. Proses penyusunan anggaran dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan istri dan kedua karyawannya. Anggaran disusun berdasarkan target penjualan dan biaya yang diperkirakan. Pelaksanaan anggaran dilakukan secara ketat dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat diperbaiki dalam proses penyusunan dan pelaksanaan anggaran di Gogos Pao-pao “Khas Makassarâ€. Salah satunya adalah perlunya peningkatan akurasi dalam memperkirakan biaya. Selain itu, perlunya dilakukan analisis terhadap potensi risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian target anggaran.

Referensi

Adil. Nur Abdi, Muhammad. 2022. “Persepsi Karyawan Tentang Corporate Social Responsibility (CSR).†Jurnal Ilmiah Emor 6(2): 220–33. http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/emor/index.

Cruza. Maria Catarina da. 2023. “Effectiveness and Efficiency in Implementation of Program- Based Budgeting and Budget Credibility†JOURNAL OF DIGITAINABILITY, REALISM & MASTERY (DREAM) e-ISSN: 2948-4383 Volume 02, Issue 12, Special Issue December 2023 Article DOI: https://doi.org/10.56982/dream.v2i12.192

Jannatin. Rahmatul. 2020. “PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM†Jurnal Impact : Implementation and Action Volume 2, Nomor 2, 2020.

Karnasi, dkk. 2023. “Penyusunan Anggaran Kas Bagi UMKM Azalea Depok†DIRKANTARA INDONESIA JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Volume 2 No. 1 Maret-Agustus 2023 ISSN 2963-1505 Doi : https://doi.org/10.55837/di.v2i1.85 Hal 1-6.

Sasmita Atika Sari Harahap. 2020. “Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan anggaran, Pencatatan Administrasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran (Studi Empiris pada OPD Kota Dumai)†Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis Vol. 13, No. 1, Mei 2020, 1-10 1 Jurnal Politeknik Caltex Riau http://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/ | e- ISSN : 2476-9460 (Online) | p- ISSN : 2085-0751 (Print)

Sri, Maulida. “Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi†Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 1, Desember 2017 ISSN: 2528-1208 (print), ISSN: 2528-2077 (online) http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles