PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEMEN TONASA PADA PT. INTI SARWA BOGAM LUWUK

Penulis

  • RINI HADIYATI Fakultas Ekonomi dan Bisnis UML

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v1i2.31

Kata Kunci:

Atribut Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah atribut produk dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk semen tonasa pada PT. Inti Sarwa Bogam Luwuk. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang membeli semen tonasa pada PT. Inti Sarwa Bogam Luwuk selama waktu penelitian. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sebanyak 60 pelanggan dari konsumen. Metode analisis data adalah regresi linear berganda dengan 2 prediktor.
Hasil uji statistik menunjukan bahwa koefisien regresi untuk variabel atribut produk ( X1) = 0,307 dan harga (X2) = 0,628. Sehingga persamaan regresi linear berganda adalah Y = 0,274 + 0,307 X1 + 0,628 X2 + e. Dari hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa variabel harga mempunyai pengaruh yang paling dominan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,628 dibandingkan dengan atribut produk. Berdasarkan uji secara simultan menunjukan bahwa kedua variabel bebas yaitu atribut produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk semen tonasa pada PT. Inti Sarwa Bogam Luwuk. Nilai koefisien determinasi ( R2 ) sebesar 0,809 yang berarti varian keputusan pembelian mampu dijelaskan sebesar 80,9 % dari dari variabel bebas. Nilai koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,925 berarti hubungan atribut produk dan harga dalam penelitian ini adalah sangat kuat.

Referensi

Algifari, (2007). Statistik Induktif: untuk ekonomi dan bisnis, Edisi kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Al Rasyid, (2004). Statistik Sosial. Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Munfaat, Imron. (2003). Membangun Keunggulan Produk. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. II, No. 3,219-232.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel –Variabel Penelitian. Cetakan ketujuh. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2018-01-10

Terbitan

Bagian

Articles