PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO FINO PADA MUTIARA MOTOR TANJUNG LUWUK
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.2964Kata Kunci:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan harga secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Mio Fino Pada Mutiara Motor Tanjung Luwuk serta manakah dari kualitas produk dan harga yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Mio Fino Pada Mutiara Motor Tanjung Luwuk. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan hal ini berarti bahwa kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Yamaha Mio Fino Pada Mutiara Motor Tanjung Luwuk, sehingga hipotesis pertama terbukti. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan yang berarti bahwa harga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Yamaha Mio Fino Pada Mutiara Motor Tanjung Luwuk, sehingga hipotesis pertama terbukti.
Dari hasil uji ANOVA (analysis of variant) atau uji F didapatkan F-hitung lebih besar dari F-tabel yang berarti terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) Yamaha Mio Fino Pada Mutiara Motor Tanjung Luwuk, sehingga hipotesis kedua terbukti. Variabel kualitas produk (X1) memberikan pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian (Y). Oleh karena itu, hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh dominan dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Yamaha Mio Fino Pada Mutiara Motor Tanjung Luwuk terbukti.Referensi
Assauri, Sofjan. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Basu, Swasta dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Best, Hawkins Del I.g, Roger, dan Coney, Kenneth A. (2001). Consumer Behavior :BuildingMarketing Strategy. The McGraw-Hill
Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. (2008). Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani, Salemba Empat. Jakarta
Ghozali, Imam. (2011). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hahn, Fred E. (2007). Beriklan dan Berpromosi Sendiri. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka Utama.
Handoko T. Hani (2008), Manajemen; Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas Yogyakarta : BPFE.
Hasan, Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Irsyad, Muhammad. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha NMAX pada Konsumen Yamaha Baturaja. Lampung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.
Kotler, Philip, (2006), Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Kurniawan, aditya. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Dealer Sumber Baru Rejeki Cabang Kertasura). Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purwati. (2012).“Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada Pt. Nusantara Solar Sakti)â€. Vol 2, No. 3. September 2012 : 260- 277.
Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L, (2007). Consumer Behavior, New Jersey: Perason Prestice Hall.
Simamora, Henry. (2002). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.
Stanton, William J. (2008). (Prinsip Pemasaran). Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Swastha, Basu. DH. (2008). Asas-asas Marketing, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Swastha, Bashu dan T. Hani Handoko. (2009). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Kesebelas, CV. Alfabeta: Bandung.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, CV.Andi Offset, Yogyakarta.
SUMBER INTERNET