SOSIAL MEDIA MARKETING DAN KERAGAMAN PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA

Penulis

  • Ayub Arya Saputra Akob Universitas Hasanuddin
  • Nuraeni Kadir Universitas Hasanuddin
  • Abdul Razak Munir Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v7i2.2752

Kata Kunci:

Social Media Marketing

Abstrak

Di era digital saat ini, masyarakat menginginkan kemudahan dalam hal apapun salah satunya yaitu melakukan pembelian barang. E-commerce merupakan model bisnis modern yang tidak menghadirkan pelaku bisnis secara fisik. Banyaknya persaingan e-commerce atau aplikasi pembelian menyebabkan konsumen memiliki banyak pilihan dalam menentukan dimana akan melakukan pembelian. Semakin tinggi tingkat persaingan, akan menyebabkan konsumen menghadapi lebih banyak alternative seperti dalam memilih produk. Penelitian ini akan dilakukan pada pembelian online di Tokopedia yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sosial media marketing dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang pernah melakukan pembelian secara online di Tokopedia dengan penentuan jumlah sampel sebanyak 106 orang dengan menggunakan rumus Tabachnick dan Fidel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Selain itu, keragaman produk di Tokopedia juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce tersebut.


Referensi

Alhadeed Y. Annas, Ali Y, Alhadeed. The Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention. International Business Management Vo. 11 No.11 1844-1847.

Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2016). E-business and digital market. “strategy implementation and practice†(fourth edi). Prentice Hall.

Chaffey, D., Hemphill, T. and Edmundson-Bird, D. (2019) Digital Business and e-Commerce Management. Pearson UK, New York, 5-15.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universtitas Diponegoro.

Iswandari, L., & Srihandayani, C. M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). Journal of Sustainability Business Research, Vol. 2 (1)(ISSN: 2746 –8607).

Kaawoan, N. Y., Tawas, H. N., & Kawet, R. C. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Presepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladies Di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 510. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40049

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Massie, P. C., Massie, J. D. D., Roring, F., Massie, P. C., Massie, J. D. D., & Roring, F. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Rumah Alam Manado Adventure Park The Influence Of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) To Visit Decision At Rumah Alam Manado Adventur. Emba, 10(4), 13–24.

Nuraini, D & Evianah. (2019). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online dan Offline. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi Equilibrium.

Pangestika, W. (2018). Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui. Jurnal.Id.

Riadi, M. (2022). Keputusan Pembelian (Pengertian, Dimensi, Jenis dan Proses Tahapan).KajianPustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/05/keputusan-pembelian-pengertian-dimensi-jenis-dan-proses-tahapan-pembelian.html

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Penerbit Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles