PENGARUH SERVICE QUALITY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA PANTAI BOTUTONUO KECAMATAN KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO
THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND DIGITAL MARKETING ON THE DECISION TO VISIT THE BOTUTONUO BEACH TOURIST ATTRACTION, KABILA BONE DISTRICT, BONE BOLANGO REGENCY
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v8i2.2309Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap keputusan berkunjung, pengaruh digital marketing terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh service quality dan digital marketing terhadap keputusan berkunjung. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari wisatawan pada obyek wisata pantai botutonuo kabupaten bone bolango yang kemudian dijadikan responden menggunakan rumus lameshow setelah melakukan perhitungan sehingga peneliti menyesuaikan sebanyak 96 responden. Hasil data yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linear. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Hasil penelitian uji analisis regresi linear menunjukkan bahwa variabel service quality berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung dan service quality dan digital marketing secara simultan mempengaruhi keputusan berkunjung. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R² sebesar 20,3% dikategorikan sedang. dapat disimpulkan bahwa Service Quality dan Digital Marketing secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung pada Obyek Wisata Pantai Botutonuo sedangkan 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Referensi
Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosding Seminar, 85–90.
Talib, D., & Mpar, M. (2018). Model Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Botutonuo Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata), 1(2), 1–26. http://journal.umgo.ac.id/index.php/
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Putra, P. P. A. (2021). Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Heritage Di Kota Denpasar. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 51. https://doi.org/10.31314/tulip.4.2.51-64.2021
Safrizal, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 808–817. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.686
Sekaran .(2011). Metode penelitian untuk bisnis
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.