PENGARUH SERVICE QUALITY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA PANTAI BOTUTONUO KECAMATAN KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO

THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND DIGITAL MARKETING ON THE DECISION TO VISIT THE BOTUTONUO BEACH TOURIST ATTRACTION, KABILA BONE DISTRICT, BONE BOLANGO REGENCY

Penulis

  • Mohamad Zidhan Hidayat Lapalanti
  • ANDI JUANNA Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
  • SYAMSUL B. BIKI Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
  • IRWAN YANTU Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v8i2.2309

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap keputusan berkunjung, pengaruh digital marketing terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh service quality dan digital marketing terhadap keputusan berkunjung. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari wisatawan pada obyek wisata pantai botutonuo kabupaten bone bolango yang kemudian dijadikan responden menggunakan rumus lameshow setelah melakukan perhitungan sehingga peneliti menyesuaikan sebanyak 96 responden. Hasil data yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linear. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Hasil penelitian uji analisis regresi linear menunjukkan bahwa variabel service quality berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung dan service quality dan digital marketing secara simultan mempengaruhi keputusan berkunjung. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R² sebesar 20,3% dikategorikan sedang. dapat disimpulkan bahwa Service Quality dan Digital Marketing secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung pada Obyek Wisata Pantai Botutonuo sedangkan 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Referensi

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosding Seminar, 85–90.

Talib, D., & Mpar, M. (2018). Model Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Botutonuo Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata), 1(2), 1–26. http://journal.umgo.ac.id/index.php/

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Putra, P. P. A. (2021). Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Heritage Di Kota Denpasar. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 51. https://doi.org/10.31314/tulip.4.2.51-64.2021

Safrizal, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 808–817. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.686

Sekaran .(2011). Metode penelitian untuk bisnis

Diterbitkan

2024-12-08

Terbitan

Bagian

Penyunting