PENGARUH SALES GROWTH TERHADAP STRUKTUR MODAL YANG TERDAFTAR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v6i2.1995Kata Kunci:
Sales Growth, Struktur Modal, dan Bursa Efek IndonesiaAbstrak
Kondisi saat ini manajer keuangan dituntut untuk cermat dan hati-hati dalam memutuskan kebijakan keuangan terkait pendanaan perusahaan agar di peroleh struktur modal yang optimal. factor yang mempengaruhi struktur modal yaitu pertumbuhan penjualan (Sales Growth). Pertumbuhan penjualan merupakan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan mendapatkan dana untuk kelangsungan hidup dan berkembang selain dari hutang dan modal sendiri, juga dari penjualan produk perusahaan baik berupa barang atau ja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales growth terhadap struktur modal. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yaitu penggunaan data yang berasal dari data-data yang sudah ada. Pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan (Growt of sales) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,244 dengan signifikansi 0,029.
Referensi
Ahmad Rodoni dan Herni Ali. (2010). Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra. Wacana Media
Arli Warzuqni. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEI tahun 2002-2007.
Atiqoh, Z. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan, Size, Pertumbuhan Penjualan, Dan Kepemilikan Saham Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(5).
Brigham, Eugene F and Joel F.Houston, (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi sepuluh, PT. Salemba Empat, Jakarta
Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston (2007). Manajemen Keuangan. Edisi Delapan. Jakarta.
Christianti, C. Setyadi, D., Ramadhani, H., (2016). Pengaruh Rasio Keuangan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. Vol. 1. (1).
Eviani, A. D., (2016). Pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Dividend Payout Ratio, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 11(2).
Fahmi, I. (2013). Pengantar manajemen keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fatmawati. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada industry Barang Konsumsi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2011. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Hanafi, (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE UGM.
Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul, (2009). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: STIE YKPN.
Harahap, Sofyan Syafri, (2015), ... Kasmir, 2012, Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Kelima, Raja Grafindo. Persada, Jakarta
Husnan, Suad. (2000), Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Keputusan Jangka Panjang). Buku 1. Edisi 4. BPFE. Yogyakarta.
Laksmi Indri. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Strutur Modal Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. (Studi kasus pada sektor automotive and allied product).
Maryanti, E., (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yangTerdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1(2), pp. 143-151.
Maryanti, E., (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Trdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014, p. 145.
Nastiti, R. D. (2016). Pengaruh Struktur Aset, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(1).
Nugroho, M. Taufan. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di bursa Efek Indonesia(periode 2005-2007). http://etd.eprints.ums.ac.id/5861/
Prabansari, Yuke & Handri Kusuma. (2005). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan Manufaktur yang Go public di Bursa Efek Jakarta. SINERGI , 1-15.
Prihadi, T. (2013). Analisis Laporan Keuangan Lanjutan.Jakarta: cetakan pertama PPM.
R. Agus Sartono dan Ragil Sriharto.1999. Faktor-faktor Penentu Sturktur Modal Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Sinergi. Vol.2.
Rachmawardani, Yulinda, (2007), “Analisis Pengaruh Aspek Likuiditas, Risiko Bisnis, Profitabilitas, dan pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal†(Studi Empiris Pada Sektor keuangan dan Perbankan di BEJ Tahun 2000-2005). Available: http://eprints.undip.ac.id/15345/.
Saidi. (2004). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ 1997-2002. Jurnal Bisinis dan Ekonomi vol. 11 no. 1.
Sari, A. N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Aset Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 5(4).
Sartono, R. Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Suad Husnan; Pujiastuti, Enny. (2004). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
Suweta, N. M. N. P. D., (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Struktur Moda. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), pp. 5172-5199
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Trisna hayuning. (2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal (Studi perbandingan pada perusahaan Aneka Industri dan Consumer Goods Periode 2007-2009).
Um T., (2001). Determination of Capital Structure and Prediction of Bankruptcy in Korea, unpublished PhD thesis. Cornell University.
Yuhasril. (2006). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Farmasi yang telah Go Public di Bursa Efek Jakarta, Jurnal, Universitas Mercu buana, Jakarta.