PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN DEALER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA LUWUK

Penulis

  • Nurhidayah Layoo Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Mawanti . Mahasiswa Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v2i1.193

Kata Kunci:

Harga, Kualitas pelayanan, Keputusan Pembelian, Sepeda motor honda

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan dealer secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di Kota Luwuk dan dari kedua variabel tersebut, manakah variabel yang dominan berpengaruh. populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang pernah membeli sepeda motor honda, sampel diambil secara incidental sampling di sebuah dealer khusus penjualan produk sepeda motor honda  dalam kurun waktu 30 hari dan diperoleh 50 orang responden. Data yang dijaring melalui kuesioner dianalisis secara deskriptif dan statistik regresi linear berganda melalui program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga, dan kualitas pelayanan dealer secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda  di Kota Luwuk, koefisien korelasi 0,812 yang berarti hubungan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sangat kuat. Sedangkan koefisien determinasi  0,644 dapat diartikan bahwa variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh harga dan kualitas pelayanan sebesar 64,4 %, sedangkan sisanya sebesar  35,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Biografi Penulis

Nurhidayah Layoo, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk

Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unismuh Luwuk, keahlian Pemasaran, Pangkat Lektor Kepala

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-26

Terbitan

Bagian

Articles