PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA PADA PT. BALINDO CABANG LUWUK

Penulis

  • Rini Hadiyati Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Winda Nurul Ariska Fakultas Ekonomi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v2i1.191

Kata Kunci:

Diferensiasi Produk, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan diferensiasi produk dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil honda pada  PT. Balindo Cabang Luwuk dan untuk  mengetahui  variabel  manakah  yang  berpengaruh  dominan terhadap terhadap keputusan pembelian mobil honda pada  PT. Balindo Cabang Luwuk, dengan pengolahan data menggunakan regresi berganda 2 prediktor.

Penelitian ini dilaksankan pada PT. Balindo Cabang Luwuk dari bulan juni hingga agustus 2017 dengan menggunakan metode wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan 30 responden karena dianggap mampu mewakili populasi yang ada. Dalam penelitian ini diferensiasi produk dan promosi penjualan sebagai variabel bebas (X) dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat (Y).

Berdasarkan uji secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel diferensiasi produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, yang artinya apabila perusahaan lebih meningkatkan diferensiasi produk dan promosi penjualan maka keputusan pembelian akan lebih tinggi. Uji secara simultan memberikan hasil bahwa kedua variabel yakni diferensiasi produk dan promosi penjualan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari koefisien regresi maka variabel promosi penjualan (X2) yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian mobil Honda pada PT. Balindo Cabang Luwuk. Kedua variabel bebas mampu menjelaskan keputusan pembelian pada PT. Balindo Cabang Luwuk sebasar 88,80% terhadap peningkatan keputusan pembelian sementara sisanya 11,20% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-26

Terbitan

Bagian

Articles