PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v6i1.1540Kata Kunci:
Bauran Promosi, Minat Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan BisnisAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk promosi yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk, mengidentifikasi hal-hal apakah yang dipertimbangkan oleh mahasiswa sehingga memilih fakultas ekonomi dan bisnis agar dapat menjadi materi promosi, serta mengkaji Bentuk bauran promosi manakah yang paling efektif berpengaruh terhadap minat kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk. Jumlah sampel 208 orang mahasiswa, yang diambil dari seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sedang mengikuti orientasi mahasiswa baru. Data dikumpulkan melalui kuisioner, lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi, korelasi, dan determinasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran promosi yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah advertising (spanduk, brosur, Koran, Website) direct marketing (Sosialisasi di sekolah, dan di sekitar tempat tinggal), dan Word of Mouth. Bentuk promosi yang paling efektif menurut mahasiswa adalah promosi melalui Word of Mouth dan sosialisasi di Sekolah. Hasil analisis regresi menunjukkan word of mouth dan sosialisasi di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa memilih fakultas Ekonomi dan Bisnis sedangkan variable lain tidak signifikan. Oleh karena itu meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiwa agar mereka dapat menjadi agen word of mouth dan menjalin kemitraan strategis dengan sekolah-sekolah menengah perlu menjadi perhatian pimpinan fakultas dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan minat mahasiswa baru.Referensi
Al-Sharif, B. M., Qwader, A., & Fattah Al-Slehat, Z. A. (2017). The Effect of Promotion Strategy in the Jordanian Islamic Banks on a Number of Customers. International Journal of Economics and Finance, 9(2), 81. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n2p81
Chusanawati, T. (2015). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Kuliah Studi Kasus Di Politeknik Negeri Jakarta. Epigram, 12(2), 105–110.
Dharmawansyah, S., Cangara, H., & Sultan, M. I. (2014). Mahasiswa Pada Politeknik Negeri Media Kreatif. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(4), 256–263.
Haluti, Farid., Layoo, N. (2020). Jounal info. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 25–36. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.451
Karunanithy, M., & Sivesan, S. (2013). An empirical study on the promotional mix and brand equity: Mobile service providers. Industrial Engineering Letters, 3(3), 1–9.
Maulani, T. S. (2017). the Effectiveness of Promotional Mix Toward Image of the Thematic. International Journal of Business, Economics and Law, 12(2), 26–34. http://ijbel.com/wp-content/uploads/2017/05/BUS-20.pdf
Renata., T. (2017). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2(1), 23–32.
Ulum, M. B., & Shofa, F. (2017). PENGARUH IKLAN MEDIA CETAK DAN ONLINE TERHADAP MINAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI IBI DARMAJAYA (Studi pada Siswa/i Kelas XII SMA Sederajat Di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Mesuji Timur, Lampung) M. Seminar Nasional Tentang “Membangun Etika Sosial Politik Menuju Masyarakat Yang Berkeadilan†FISIP Universitas, 3(1), 341–350.
Widhiandono., Hengki., S. (2019). Brand Position Dan Media Promosi Dalam Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pendekatan Strategi Pemasaran Internasional. Academia.Edu. https://www.academia.edu/3268211/Brand_Position_Dan_Media_Promosi_Dalam_Keputusan_Pemilihan_Perguruan_Tinggi_Swasta_Dengan_Pendekatan_Strategi_?Email_Work_Card=Interaction_Paper