FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PERALATAN KESEHATAN DI PT. KASA HUSADA WIRA JATIM
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.412Keywords:
Harga, promosi, keamanan barang, keputusan pembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara individu dan bersama–sama antara variabel bebas harga, promosi dan keamanan barang terhadap variabel terikat keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner sebanyak 50 customer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan objek dalam penelitin ini adalah PT. Kasa Husada Wira Jatim. Volume penjualan PT. Kasa Husada Wira Jatim 5 tahun terakhir yang semakin meningkat, karena adanya beberapa strategi perusahaan yang telah diterapkan demi kelangsungan hidup perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas harga secara individu berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian artinya apabila harga yang ditawarkan sesuai maka customer akan membeli pada perusahaan tersebut. Variabel promosi secara individu berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian artinya apabila perusahaan mampu melakukan kegiatan promosi dengan semakin baik, maka akan semakin meningkatkan pula keputusan pembelian customer. Variabel keamanan barang secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian artinya apabila perusahaan mampu meningkatkan/mengurangi keamanan barang pada jasa penjualan, maka customer belum tentu melakukan pembelian pada perusahaan tersebut. Hasil secara bersama–sama menunjukkan bahwa variabel bebas harga, promosi dan keamanan barang mampu memberikan pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan tersebut.References
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary . (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Park, E.J., Kim, E.Y., and Forney, J. C. (2006). A Structural Model Of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, Vol. 10 No. 4, pp.433-446.
Philip dan Armstrong, Gary. (2009). Principle Of Marketing 15th Edition (New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Potter, A. & Perry, A.G. (2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses Dan Praktek. Edisi 4. Volume 2. Jakarta : EGC. Ardinata.
Raman, Arasu and Viswanathan A. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on “Wireless Information Networks & Business Information Systemâ€. WINBIS
Sari, L. Rindang, Mandey, L. Sylvia dan Soegoto, S. Agus. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (PERSERO) Cabang Manado Utara. Jurnal EMBA.Vol.2 No.2 Juni 2014, Hal. 1222-1232.
Widyawati, Nur. dan E. Damayanti. (2019). Harga, Promosi dan Keamanan Barang terhadap Volume Penjualan Jasa Forwarding. Book Chapter : Pendidikan, Bisnis, Dan Manajemen Menyongsong Era Society 5.0. Malang : Baskara Media. ISBN : 978-623-74460-4-0. Hal 563-580.
Wijaya, H.P. Mohammad. (2013). Promosi, Citra Merek, Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado. Jurnal EMBA.Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 105-114.