PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v7i1.2494Keywords:
Brand Image, Loyalty, Consumer Satisfaction, TokopediaAbstract
Pada era globalisasi ini, hampir semua aktivitas dan kegiatan sehari-hari dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti internet. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Data Indonesia, diketahui bahwa kebiasaan masyarakat Indonesia di dalam berinternet paling banyak salah satunya untuk melakukan aktivitas berbelanja online yang mencapai angka 42,2% persen dari total pengakses internet. Seperti yang telah dipaparkan mengenai data-data industri e-commerce di Indonesia, salah satu yang menjadi pemain besar di industri e-commerce tersebut adalah Tokopedia. Pendekatan penelitian saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian saat ini menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan survei sebagai instrumennya. Populasi pengguna Tokopedia yang berjumlah 158,3 juta, teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui alat SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat pengaruh secara positif dan signgikan untuk variabel brand image yang dimiliki Tokopedia terhadap loyalitas konsumen oleh Pengguna Tokopedia di Makassar, (2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan untuk variabel brand image yang dimiliki Tokopedia terhadap kepuasan konsumen oleh Pengguna Tokopedia di Makassar.
References
Aaker dan Biel. (1993). Brand Equity and Advertising : Advertising’s Role in Building Strong Brand.
Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Second Edition. Sage Publication.
Dwiastuti, R. Shinta, A & Isaskar. (2012).Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Engel, J.F., Blackwell, R.D. and Miniard, P.W. (1995). Consumer Behavior, 8th d, Orlando: The Dryden Press.
Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Griffin. (2005). Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Hair Jr., J. F. et al. (1998). Multivariate Data Analysis with Readings. Englewood Cliifs, NJ Prentice-Hall.
Hair, J. G., Black, W.C., Babin, B. J. and Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis 7th Edition. New York: Pearson.
Hansen & Mowen. (2001). Manajemen Biaya, Buku II, Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Helena Martins Goncalves, Patrıcia Sampaio. (2012). The Customer SatisfactionCustomer Loyalty Relationship Reassessing Customer and Relational Characteristics Moderating Effects. Management Decision, Emerald Group Publishing Limited, Vol. 50 No. 9.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid I, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Malhotra, N. (2010). Introduction: analyzing accumulated knowledge and influencing future research. Review of Marketing Research, 7, xiii-xxviii.
Nasution, M. N. (2005). “Manajemen Mutu Terpaduâ€. Bogor : Ghalia Indonesia.
Oliver, R.L. (1999) Whence Consumer Loyalty. Journal of Marketing, 63, 33-34.
Ramesh Neupane. (2015). The Effects of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention In Retail Super Market Chain Uk. International Journal of Social Sciences and Management, Vol-2, issue-1: 9-26.
Ren-Fang Chao, Tai-Chi Wu. (2015). The Influence of Service Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan. The Journal of Global Business Management, Vol.11 No. 1.
Schiffman dan Siagian. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Prentice Hall. Jakarta.
Subaebasni Subaebasni, Henny Risnawaty, A.R. Arie Wicaksono. (2019). Effect of Brand Image, the Quality and Price on Customer Satisfaction and Implications for Customer Loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, Vol. 9, No. 1.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surachman, “Dasar-dasar Manajemen Merekâ€, Bayumedia Publishing Malang, 2008.
Tannady, Hendy. (2015). Pengendalian Kualitas. Jakarta : Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Wong, Jony. (2010). Internet Marketing For Beginners. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Xian, Gou Li, dkk. (2011). Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions. Journal of Computers, (6)9: 1875 1879.