PENGARUH WORD OF MOUTH , LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH
THE INFLUENCE OF WORD OF MOUTH, ISLAMIC FINANCIAL LITERACY AND SERVICE QUALITY ON THE DECISION TO BECOME A CUSTOMER OF ISLAMIC BANK
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v8i2.3349Abstract
Lembaga keuangan bank di Indonesia secara umum dapat dibedakan enjadi bank syariah dan bank
konvensional. Pada dasarnya baik bank syariah maupun bank konvensional sama-sama melakukan
kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, namun segala bentuk kegiatan
yang dilakukan oleh bank syariah harus sesuai dengan prinsip syariah. Persaingan antara Bank
Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia merupakan salah satu hal menjadi fokus
perhatian para pengelola perbankan khususnya yang berkaitan dengan nasabah, terlebih lagi
Bank Syariah Indonesia masih tergolong baru hasil dari penyatuan beberapa Bank Syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, literasi keuangan syariah dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Teknik pengambilan sampel
mengunakan metode purposive sampling melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah 100
responden. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa word of mouth tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah sedangkan literasi keuangan syariah dan kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Tingkat
signifikansi masing-masing variabel sama yaitu sebesar 0,05 dan nilai t hitung masing-masing
variabel adalah 0,809 untuk X1, 3,887 untuk X2, dan 5,556 untuk X3.
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.