PENGARUH KINERJA HONORER KELURAHAN TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BARU KECAMATAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, bertujuan untuk mengetahui kinerja tenaga honorer dalam pelayanan di Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk serta untuk mengetahui pelayanan di Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk, selanjutnya menganalisa fakta dan data yang diperoleh dari beberapa sumber sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan metode mengedarkan daftar pertanyaan atau kuisioner, wawancara, dan penelitian lapangan atau observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Kelurahan Baru dan tenaga Honorer yang berjumlah 31 orang serta 2463 orang masyarakat, sehingga keseluruhan populasi penelitian ini adalah sejumlah 2494 orang. Adapun dalam penelitian ini pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling, dengan total sampel keseluruhan adalah 44 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Koefisien korelasi R adalah sebesar 0,220% Ini berarti bahwa korelasi/hubungan antara efektifitas kerja dalam penegakan disiplin kerja pegawai adalah “Rendahâ€. Nilai Adjust R Square yaitu sebesar 0,026 ini berarti sebesar 2,6% variabel kinerja tenaga honorer mempengaruhi pelayanan masyarakat di Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Sedangkan sisanya (100 – 2,6% = 97,4%) dijelaskan oleh faktor yang lain. Sedangkan Uji t menunjukkan t-hitung = 1,465 < t-tabel = 1,68 yang berarti bahwa variabel kinerja tenaga honorer Kelurahan tidak berpengaruh nyata terhadap pelayanan masyarakat di Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai.Referensi
Aries Jaenuri, 1998, Sistem Pelayanan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta
Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta
Dwiyanto, Agus, 1995, Penilian Kinerja Organisasi Publik, Makalah dalam Seminar Sehari : Kinerja Organisasi Sektor Publik, Kebijakan dan Penerapannya, Fisipol UGM, Yogyakarta
H.A.S. Moenir, 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta
Hasibuan, Malayu, 1990, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Toko Gunung Agung, Jakarta
Irham Fahmi, 2010, Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi, Bandung
Keban, Yeremias, T, 1995, Indikator Kinerja Pemerintah Daerah : Pendekatan Manajement dan Kebijakan, Seminar Sehari Kinerja
Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Jakarta: STIM YKPN
Mustopadidjaja, 2000, Pengukuran Kinerja Instansi Pemerintah (Modul 3 dari 5), Modul sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), LAN-BPKP
Prof. Dr. Wibowo, S.E., M. Phil, 2007, Manajemen Kinerja : Edisi 2, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Ryas Rasyid, 1998, Makna Pemerintahan Tinjauan dari Segi Etika dan Kepemimpinan, Yasrif Watampone, Jakarta
Sedarmayanti, 2000, Restrukturisasi dan Pembangunan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan, Mandar Maju
Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-2.Yogyakarta
Sugiyono, 2002, Metodologi Penelitian Administratif, CV. Alfabeta, Bandung
Soekidjo Notoatmojo, 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta
Taliziduhu Ndraha, 2003, Kybernology ( Ilmu Pemerintahan Baru ), Rineka Cipta, Jakarta
............................, 2000 Pelayanan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta
Peraturan Perundang-Undangan
Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.