PENGARUH KINERJA HONORER KELURAHAN TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BARU KECAMATAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI

Penulis

  • Erwin Nursin Dosen
  • La Ode Sabirila Jayalangi Dosen

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, bertujuan untuk mengetahui kinerja tenaga honorer dalam pelayanan di Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk serta untuk mengetahui pelayanan di Kantor Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk, selanjutnya menganalisa fakta dan data yang diperoleh dari beberapa sumber sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan metode mengedarkan daftar pertanyaan atau kuisioner, wawancara, dan penelitian lapangan atau observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Kelurahan Baru dan tenaga Honorer yang berjumlah 31 orang serta 2463 orang masyarakat, sehingga keseluruhan populasi penelitian ini adalah sejumlah 2494 orang. Adapun dalam penelitian ini pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling, dengan total sampel keseluruhan adalah 44 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Koefisien korelasi R  adalah sebesar 0,220% Ini berarti bahwa korelasi/hubungan antara efektifitas kerja dalam penegakan disiplin kerja pegawai adalah “Rendahâ€. Nilai Adjust R Square yaitu sebesar 0,026 ini berarti sebesar 2,6% variabel kinerja tenaga honorer mempengaruhi pelayanan masyarakat di Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Sedangkan sisanya (100 – 2,6% = 97,4%) dijelaskan oleh faktor yang lain. Sedangkan Uji t menunjukkan t-hitung = 1,465 < t-tabel = 1,68 yang berarti bahwa variabel kinerja tenaga honorer Kelurahan tidak berpengaruh nyata terhadap pelayanan masyarakat di Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai.

Referensi

Aries Jaenuri, 1998, Sistem Pelayanan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta

Dwiyanto, Agus, 1995, Penilian Kinerja Organisasi Publik, Makalah dalam Seminar Sehari : Kinerja Organisasi Sektor Publik, Kebijakan dan Penerapannya, Fisipol UGM, Yogyakarta

H.A.S. Moenir, 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Hasibuan, Malayu, 1990, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Toko Gunung Agung, Jakarta

Irham Fahmi, 2010, Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi, Bandung

Keban, Yeremias, T, 1995, Indikator Kinerja Pemerintah Daerah : Pendekatan Manajement dan Kebijakan, Seminar Sehari Kinerja

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Jakarta: STIM YKPN

Mustopadidjaja, 2000, Pengukuran Kinerja Instansi Pemerintah (Modul 3 dari 5), Modul sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), LAN-BPKP

Prof. Dr. Wibowo, S.E., M. Phil, 2007, Manajemen Kinerja : Edisi 2, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Ryas Rasyid, 1998, Makna Pemerintahan Tinjauan dari Segi Etika dan Kepemimpinan, Yasrif Watampone, Jakarta

Sedarmayanti, 2000, Restrukturisasi dan Pembangunan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan, Mandar Maju

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-2.Yogyakarta

Sugiyono, 2002, Metodologi Penelitian Administratif, CV. Alfabeta, Bandung

Soekidjo Notoatmojo, 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta

Taliziduhu Ndraha, 2003, Kybernology ( Ilmu Pemerintahan Baru ), Rineka Cipta, Jakarta

............................, 2000 Pelayanan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.

Diterbitkan

2019-03-30

Terbitan

Bagian

Articles