Meningkatkan Hasil Belajar Petanque Melalui Pendekatan TGfu Siswa Kelas Xc SMA Muhammadiyah 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.32529/bsej.v4i2.2781Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjas dengan menggunakan metode TGfU ( Teaching Game for Understanding ) adalah suatu pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani untuk memperkenalkan bagaimana anak mengerti olehraga melalui bentuk konsep dasar bermain permainan itu sendiri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas Xc SMA Muhammadiyah 2 Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data tes di analisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan prosentase, dari analisis tersebut menunjukan hasil data tes awal 12 siswa tuntas dengan prosentase 60% dan 8 siswa tidak tuntas dengan prosentase 40% , setelah berikan perlakuan siklus 1 ada peningkatan 16 siswa tuntas dengan prosentase 70% dan 6 siswa tidak tuntas dengan prosentase 30%. Target ketuntasan dalam penelitian ini yaitu 80% makan siklus 1 belum sesuai dengan target lalu peneliti memberikan perlakuan siklus 2 terjadi peningkatan yang awalnya siklus 1 yaitu 70% sekarang menjadi 17 siswa tuntas dengan prosentase 85% dan 3 siswa tidak tuntas dengan prosentase 15%. Hasil penelitian menunjukan bahwa target telah tercapai 85% maka penelitian dihentikan. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa belajar dengan metode TGfU (Teaching Game for Understanding) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Xc SMA Muhammadiyah 2 Pekalongan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 BABASAL Sport Education Journal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.