UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN METODE SIRKUIT MELALUI POSSKILLKIDD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 NANGSRI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Penulis

  • Afif Tri Ramadhansyah Universitas Muhammadiyah pekajangan Pekalongan
  • mega widya putri

DOI:

https://doi.org/10.32529/bsej.v1i2.1491

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui seberapa maksimal penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan kompetensi ketrampilan dribbling sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri 3 Nangsri Kebakkramat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa putri dan 10 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian ketrampilan dribbling sepak bola. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar bermain sepak bola siswa mencapai 72,72% atau sebanyak 16 siswa dari 22 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II hasil belajar dribbling bola dalam pebelajaran sepakbola siswa yang masuk kriteria tuntas juga meningkat menjadi 81,82% atau 18 siswa masuk pada kriteria tuntas dan 4 lainya belum tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan penerapan dengan metode cirkuit melalui pembelajaran posskillkid dapat meningkatkan kompetensi kemampuan dribbling bola pada pembelajaran sepak bola siswa kelas V SD Negeri 3 Nangsri Kebakkramat tahun ajaran 2018/2019.

Referensi

Dimyati&Mujiono.(2010). BelajardanPembelajaran. Jakarta: RinekaCipta

Koger, R. (2007). LatihanDasarHandalSepak Bola Remaja.Klaten: SakaMitraKompetensi.

Kristiyanto, A. (2010). PenelitianTindakanKelas (PTK) DalamPendidikanJasmani&KepelatihanOlahraga. Surakarta: UNS Press.

Kurniadi, D. & Prapanca, S. (2010). Penjasorkes Untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta : Kemendiknas

Luxbacher Joseph, A. (2004). Sepakbola Langkah Langkah Menuju Sukses. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada.

Furqon, M. 1995. Teori Umum Latihan. Surakarta. Puat Penelitian dan Pengembangan Keolahragaan (PUSLITBANG) UNS.

Mielke, D. (2007). Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Pedoman Penulisan Skripsi. (2012). FKIP UNS. Surakarta : Sebelas Maret University Press

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prize.

.................. 1998. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi P2LPTK

Syarifudin, A. & Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Soekatamsi. (2000). Teori Dan PraktekSepak Bola I. Surakarta: DepartemenPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia.

Sport New Zealand (2012). Fundamental Movement Skill.

Waluyo.(2013).Teknologi Pendidikan dalam Penjas.Surakarta:Cakrawala Media.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Cetakan I. Bandung :Nusa Media

File Tambahan

Diterbitkan

2021-10-26

Terbitan

Bagian

Articles