PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AMAL BAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Fajar Siddik Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32529/bsej.v1i1.531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Swasta Amal Bakti Medan tahun ajaran 2018/2019 . Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Swasta Amal Bakti yang berjumlah 40 siswa, yang diberikan tindakan berupa pengajaran melalui variasi pembelajaran dimana dalam pembelajarannya menggunakan latihan ladder drill.

Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran(pre-test) diperoleh 12,5% dari 40 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian diberikan penerapan melalui variasi pembelajaran menggunakan alat ladder drill maka diperoleh tes hasil belajar di siklus I sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar 50% telah mencapai tingkat ketuntasan sedangkan 20 orang lainnya sebesar 50% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 67,77%. Namun di siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang diharapkan. Maka dilakukanlah tes hasil belajar siklus II dengan diperoleh data sebanyak 37 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar 92% yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang lainnya masih belum tuntas dengan nilai sebesar 8% dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 82,22%. Dengan kata lain terdapat peningkatakan klasikal dari siklus I 67,77% menjadi 82,22% di siklus II. Berdasarkan analisis data Dapat dikatakan Bahwa melalui Alat Bantu Ladder Drill dapat meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Amal Bakti Medan Tahun Ajaran 2018/2019 .

References

AgusKristianto. 2010. PenelitianTindakanKelas Dan KepelatihanOlahraga. Surakarta, UptPenerbitandanPercetakan UNS Press

Aip Syarifuddin. 2002. Atletik. Depdikbd

Arikunto Suharsimi. 2006.Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, PT. Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, PT. RinekaCipta

Muhajir. 2003. Teori dan Praktik PENDIDIKAN JASMANI. Bandung, Yudhistira

Nadisah. 2002. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Depdikbud

Uzer Usman. 2005. Variasi Pembelajaran.Yang diperoleh pada tanggal 15 maret 2015 dari http://www.newketerampilan mengadakan variasi gaya mengajar beni's weblog.htm

Downloads

Published

2020-04-16

Issue

Section

Articles