PEMBINAAN KEBUGARAN FISIK MELALUI MODEL PERMAINAN OLAHRAGA BAGI SISWA

Penulis

  • Muhammad Salahuddin Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai
  • Ardiansyah Nur Universitas Muhamamdiyah Luwuk
  • Andi Nurhalisah Petta Universitas Muhamamdiyah Luwuk
  • Sonda La Sima Universitas Muhamamdiyah Luwuk
  • Taufik Heri Jayanto Heri
  • Muh Ulwan Madilau Heri

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2435

Kata Kunci:

Pembinaan, Kebugaran Fisik, Model Permainan Olahraga,

Abstrak

SMA Muhammadiyah adalah bagian pendidikan yang tidak bisa diindahkan dari pada sekolah lain yang pada umumnya. SMA Muhammadiyah Luwuk yang sekarang ini biasa dianggap sebelah mata dari sekolah negeri yang ada di Kabupaten Banggai karena kurangnya prestasi olahraga yang didapatkan. Pembinaan kebugaran fisik bagi siswa SMA Muhamamdiyah masih tergolong kurang sekali, karena kurangnya perhatian yang diberikan dalam proses pembelajaran. Sehingga dilakukan pembinaan kebugaran fisik dengan memberikan model permainan olahraga, dengan adanya model permainan yang diberikan membuat siswa dalam proses pembelajaran lebih semangat dan motivasi.  Sebagaimana sebelumnya rata-rata kebugaran fisik yang dimiliki 13,69 dengan diberikan model permainan olahraga, kebugran fisik meningkat dengan dengan rata-rata 17.00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata 3,308 antara tes awal kebugaran fisik dengan tes akhir kebugaran fisik yang artinya terdapat peningkatan pembinaan kebugaran fisik melalui permainan olahraga bagi siswa SMA Muhammadiyah Luwuk

Biografi Penulis

Muhammad Salahuddin, Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Bekerja di Universitas Muhammadiyah Luwuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Referensi

Abdillah, A. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN. Jurnal Pendidikan Olahraga. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446

Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234

Kemenkes. (2018). Aktivitas Fisik dan Manfaatnya. Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Komaini, A. (2017). PROFIL TINGKAT KESEGARAN JASMANI KARYAWAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Sporta Saintika.

Lubis, R. R., Hasibuan, N., Winarsih, R., & Irawati, I. (2020). MODEL-MODEL PERMAINAN AUD DI RUMAH (STUDI DESKRIPTIF DI TK AISYIYAH KP DADAP SELAMA MASA PANDEMI COVID-19). Kumara Cendekia. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44224

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). PELATIHAN PEMBINAAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374

Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health. https://doi.org/10.17977/um062v2i52020p254-263

Wulandari, A., & Hariyanto, E. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Tunarungu di SMPLB-B. Sport Science and Health. https://doi.org/10.17977/um062v2i32020p195-201

Diterbitkan

2023-04-11

Terbitan

Bagian

Articles