PENDAMPINGAN PEMBUATAN POJOK LITERASI PADA PKK

Penulis

  • Fisnia Pratami UNIVERSITAS NURUL HUDA
  • Yopi Novanda UNIVERSITAS NURUL HUDA
  • Nia Kurniati UNIVERSITAS NURUL HUDA
  • Siska Siska UNIVERSITAS NURUL HUDA
  • Muhammad Nanang Nurudin UNIVERSITAS NURUL HUDA

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2286

Kata Kunci:

Pojok literasi, PKK, literasi baca, mendongeng.

Abstrak

Tingkat dan kesadaran literasi masyarakat Desa Sidorahayu terbilang sangat rendah. Belum adanya fasilitas yang bisa menunjang literasi di desa tersebut menjadi penyebab utama. Oleh karena itu, tim melakukan pengabdian agar tersedianya fasilitas literasi sebagai langkah awal peningkatan budaya literasi.  Metode pengabdian dilaksanakan dalam beberapa tahap; persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan output pengabdian. Pengabdian dilakukan di Desa Sidorahayu dengan fokus pada PKK Desa Sidorahayu. Proses persiapan pembuatan pojok literasi dengan menyediakan buku-buku, poster, dan etalase. Kemudian pelaksanaan dilakukan dengan memberikan materi terkait literasi dan mendongeng. Selanjutnya praktik mendongeng oleh PKK Desa Sidorahayu kepada anak-anak. Tahapan akhir pengabdian yaitu evaluasi dan output. Evaluasi dilakukan dengan menganalisa berbagai kendala yang dialami dan output berupa pojok literasi Desa Sidorahayu. Output dari pengabdian ini adalah tingkat kesadaran literasi masyarakat dapat meningkat dengan adanya pojok literasi. Sebagai pembuktian, hasil pengabdian ini mampu mendorong PKK untuk melakukan budaya literasi membaca bagi anak usia dini setiap hari minggu

Biografi Penulis

Fisnia Pratami, UNIVERSITAS NURUL HUDA

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Yopi Novanda, UNIVERSITAS NURUL HUDA

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Nia Kurniati, UNIVERSITAS NURUL HUDA

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Referensi

Agustina, E., Kurniati, N., Maslena, M., & Rofiqah, S. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Public Speaking bagi Generasi Muda Di Desa Tebing Sari Kecamatan Belitang Madang Raya. Jurnal Indonesia Mengabdi, 3(2), 48–54. https://doi.org/10.30599/jimi.v3i2.1451

Akbar, A. (2017). ISSN 2540-9093 MEMBUDAYAKAN LITERASI DENGAN PROGRAM 6M DI SEKOLAH DASAR Aulia Akbar Program Studi PGSD STKIP sebelas April Sumedang. 3(1).

Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf

Indriani, A. P., Hermadianti, A., Oktobriani, B. T., & Puji Lestari, D. A. (2022). Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Diterbitkan

2023-02-17

Terbitan

Bagian

Articles