PENGUATAN PROMOSI ECO-WISATA BANYUURIP MANGROVE CENTER MELALUI PELATIHAN PENGISIAN KONTEN KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2272Kata Kunci:
konten kreatif, banyuurip mangrove center, ekowisataAbstrak
Masyarakat semakin banyak menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial salah satunya mencari informasi tempat wisata yang menarik, sehingga peran dari sebuah konten kreatif pada media sosial sebagai media promosi jasa wisata yang berbentuk digital menjadi sangat penting. Banyuurip Mangrove Center (BMC) adalah salah satu destinasi ekowisata yang berada di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik yang saat ini sedang berkembang yang saat ini masih minim pengunjung. Guna meningkatkan kunjungan wisatawan, maka dipelukan adanya pelatihan mengoptimalkan promosi melalui media sosial tentunya berisi konten kreatif yang memudahkan dan menarik para calon wisatawan dalam menggali informasi tentang jasa wisata yang ditawarkan. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 3 tahap yaitu: persiapan, pelaksanaan penyuluhan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu pengelola BMC bisa menggali value preposition BMC dan menggunakan aplikasi Canva untuk membuat konten kreatif untuk promosi eco-wisata Banyuurip Mangrove Center.Referensi
Atiko, Gita, Ratih Hasanah Sudrajat, and Kharisma Nasionalita. 2016. “Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @INDTRAVEL).†Jurnal Sosioteknologi 15, no. 3: 378–89.
Azhar, Ratih Mukti, Ono Suparno, and Setiadi Djohar. 2017. “Pengembangan Model Bisnis Pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas.†Manajemen IKM 12, no. 2: 137–44. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/.
Bagindo, Mawardi, Bunasor Sanim, and Imam Teguh Saptono. 2016. “Model Bisnis Ekowisata di Taman Nasional Laut Bunaken Pendekatan Business Model Canvas.†Manajemen IKM 11, no. 1: 80–88.
Diaudin, Muhammad, and Dan Nasikh. 2022. “Business Model Canvas: Perencanaan Strategi Pengembangan Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar di Masa Pandemi Covid-19.†Media Wisata 20, no. 1: 88–101. https://doi.org/10.36275/mws.
Endratno, Hermin, Ade Rusman, and Arini Hidayah. 2021. “Model Bisnis Canvas Huran Pinus Limakuwus Purwokerto.†Derivatif : Jurnal Manajemen 15, no. 1: 29–42. https://garudapreneur.com/artikel/bagaima.
Farida, Salma Nur, Amanda Maya Ariska, and Ainur Komariah. 2022. “Pelatihan Desain Canva Dan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Objek Wisata Gunung Sepikul.†E-Proceeding 2nd SENRIABDI 2022 2: 59–62. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/.
Harsono, Siswo. 2019. “Pelatihan Pembuatan Leaflet Bahasa Inggris Untuk Promosi Pariwisata.†Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2: 6–10. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/26714.
Huda, Khasbullah, Elia Sjachriatin, Oktaviani Permatasari, Sugeng Eko, Yuli Waluyo, Diah Cahyani, Hascaria Budi Prasetyo, Mohamad Johan Efendi, and Shelia Divana. 2022. “Pembuatan Leaflet Untuk Promosi Pariwisata Di Pokdarwis Kelurahan Pulorejo Kota Mojokerto.†Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia Universitas Gajah Putih 1, no. 5: 27–30.
Khaira, Ulfa, Indra Weni, Edi Saputra, Zainil Abidin, and Yolla Noverina. 2022. “Penerapan Visual Branding Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas Sebagai Strategi Panguatan Promosi Pariwisata.†Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1: 46–54. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.2295.
Ma’rufah, Utami. 2017. “Strategi Pengembangan Sarana Objek Wisata Telabang Sakti Di Kabupaten Sijunjung.†Jurnal Universitas Negeri Padang.
Oktaviani, Wanda Fazriah, and Anna Fatchiya. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten.†Jurnal Komunikasi Pembangunan 17, no. 1: 13–27.
Oribel, Felicia, Wilma Cordelia Izaak, Febby Annastya Eka, Nur Devika Mawarni, Fenilia Indah Rosyidah, Nesta Permana Putra UPN, and Jawa Timur. 2022. “Optimalisasi Media Promosi Digital Sebagai Strategi Pemasaran Wisata Terpadu UMKM Kendangsari, Surabaya.†Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 5, no. 2: 174–81.
Pernyata, Ramadhan S., Royke Vincentius F., and Ditha Nizaora. 2022. “Canva Application Training for Social Media Promotion Content for Tourism Awareness Groups in Pela Village, Kutai Kartanegara Regency.†Community Empowerment 7, no. 10 (October): 1817–25. https://doi.org/10.31603/ce.8068.
Rahmani, Natasha Indah, and Kania Sofiantina Rahayu. 2022. “Analisis Business Canvas Model Potensi Wisata Edukasi Kampus Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi (Studi Kasus: Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, Bogor, Jawa Barat).†Jurnal Sains Terapan: Wahan Informasi Dan Alih Teknologi Pertanian 12, no. 2: 198–208. https://doi.org/10.29244/jstsv.12.2.198.
Sumaryam, Sumaryam, Rhochmad Wahyu Illahi, Gilang Rusrita Aida, and Didik Trisbiantoro. 2022. “Analisis Pendapatan Potensial Ekowisata Pasca Covid-19 Banyuurip Mangrove Center (BMC) Di Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik.†Jurnal Perikanan Unram 12, no. 4 (December): 681–90. https://doi.org/10.29303/jp.v12i4.396.