PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN UMKM “KRUPUK MLARAT”

Penulis

  • Iwan Sukarno Teknik Logistik, Universitas Pertamina
  • Ferani Eva Zulvia Universitas Pertamina
  • Gita Kurnia Universitas Pertamina
  • Nursechafia Nursechafia Universitas Pertamina
  • Septianinda Purnamasari Universitas Pertamina
  • Syafrizal Ambiya Universitas Pertamina

DOI:

https://doi.org/10.32529/tano.v6i1.2107

Kata Kunci:

Krupuk Mlarat, Cirebon, UMKM, Pendampingan

Abstrak

Krupuk Mlarat merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kota Cirebon. Saat ini sebagian besar UMKM yang memproduksi Krupuk Mlarat masih menggunakan cara tradisional dan sangat sederhana, sehingg tidak pelaku usahanya tidak berkembang sesuai dengan harapan. Oleh akrena itu, dalam pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pendampingan terhadap UMKM Krupuk Mlarat di Desa Setu Kulon Cirebon. Metode yang dilakukan adalah pemetaan potensi, perbaikan proses produksi, perbaikan kualitas pengemasan dan pelatihan kewirausahaan dan pembukuan sederhana. Hasil kegiatan berupa pemetaan profil UMKM Krupuk Mlarat, memberikan usulan perbaikan tata letak proses produksi, memberikan usulan kemasan Krupuk Mlarat dan juga melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan pembukuan sederhana. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi kepada pengusaha UMKM Krupuk Mlarat dalam mengelola usahanya

Referensi

Astuti, R. P., Kartono, & Rahmadi. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Teknologi dan Integrasi Akses pemodalan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraka, 248-256.

BPS. (2022). Kota Cirebon dalam Angka 2022. Cirebon: BPS Kota Cirebon.

Hariyanto, O. I. (2016). DESTINASI WISATA BUDAYA DAN RELIGI DI CIREBON. Ecodemica, 214-222.

Kusnanda, Suroso, I., & Prasodjo, A. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Label Halal Produk Kosmetik La Tulipe Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Ulang Di Kota Banyuwangi. Jember: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember .

Layaman, & Nurlatifah. (2016). Strategi Meningkatkan Produksi UMKM di Kabupaten Cirebon Melalui Efektivitas Persediaan Bahan Baku dan Modal Usaha. Jurnal AL-Mustashfa, 111-123.

Marie, I. A., & Chaiyadi, T. N. (2015). Perancangan Tata Letak Pabrik Dan Analisis Ekonomi Pada PT. Xyz Extension. Jurnal Ilmiah Teknik Industri.

Rosilawati, R., Ningsih, S., & Aimang, H. A. (2021). Pemberdayaan Usaha “BONDAT MAIMA†Desa Bondat Melalui Produk Karas-Karas Pagatan Maleo. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 206. https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.1181

TNP2K, T. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jakarta: TIM NASIONAL PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN .

Undang-Undang. (1996). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN1996 TENTANG PANGAN. Jakarta.

Diterbitkan

2023-02-01

Terbitan

Bagian

Articles