PENDAMPINGAN LITERASI PERGURUAN TINGGI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PARMERAAN PADANG LAWAS UTARA
DOI:
https://doi.org/10.32529/tano.v4i1.912Keywords:
Pesantren, kiyai, perguruan tinggiAbstract
Regulasi pesantren salaf membangun sistem pembelajaran mengacu kepada kitab-kitab turast, santri cenderung dibatasi untuk mengakses teknologi sebagai sumber informasi. Karenanya tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan literasi peguruan tinggi kepada santri, dan pengembangan kompetensi guru dalam mengenal kurikulum perguruan tinggi. Metode yang digunakan ialah dengan pendampingan guru dan santri pola active learning opproach. Hasil pendampingan menunjukkan terjadinya perubahan mindset guru dan membentuk pemahaman holistik pembelajaran berbasis keluaran, sementara santri mampu memilih kajian ilmu dan menentukan pilihan perguruan tinggi dalam rencana pembelajaran setelah menempuh Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam ParmeraanReferences
AF, Ahmad Gaus. (2010). Api Islam Nurcholish Madjid: Jalan Hidup Seorang Visioner, Jakarta: Kompas,
Haningsih, Sri. (2008), Peran Strategis Pesantren, Madrasah, Dan Sekolah Islam di Indonesia, El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1/(1), 27-39. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art3
https://news.okezone.com/read/2016/05/27/65/1399571/masih-sedikit-alumni-ponpes-lulus-snmptn-2016
https://www.antaranews.com/berita/641164/lulusan-pesantren-sulit-masuk-fakultas-kedokteran-unram
https://www.solopos.com/ltmpt-pastikan-lulusan-ponpes-bisa-ikut-utbk-sbmptn-2019-978301
Iskandar, Noer Muhammad. (2003). Pergulatan Membangun Pondok Pesantren, Jakarta: Mencari Ridho Gusti.
Muhdi, Ahmad Adip. (2018). Manajemen Pendidikan Terpadu Pondok Pesantren Dan Perguruan Tinggi, Malang: Literasi Nusantara
Saifuddin, Ahmad. (2015). Eksistensi kurikulum pesantren dan kebijakan Pendidikan, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 03/(1), 207-234. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.207-234
Suaedy, Ahmad. (2000) Pergulatan Pesantren Dan Demokrasi, Yogyakarta: LKis.
Sulthon, Muhammad. (2006). Manajemen pondok pesantren perspektif global, Yogyakarta: LaksBang